Miris! Tidak ada Biaya Persalinan Ibu Muda Melahirkan di Gubuk Tanpa Bantuan Medis

D'On, Gowa (Sulsel),- Seorang ibu muda di Gowa, Sulawesi Selatan menjadi viral usai melahirkan bayinya di rumah gubuk tanpa bantuan medis.

Selain tidak memiliki biaya, warga kurang mampu ini memilih melahirkan di rumah karena takut terpapar virus corona atau Covid-19. Beruntung, sang ibu melahirkan dalam kondisi selamat dan sehat.

Gubuk yang menjadi tempat proses melahir Fitri Handayani (21), terletak di Jalan Harapan, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Almayani, kakak kandung Fitri mengaku keputusan melahirkan tanpa bantuan medis berbahaya bagi keselamatan ibu dan bayi. Mereka berdalih memiliki pengalaman karena proses persalinan anak pertama dan kedua Fitri juga dilakukan di rumah sama.

"Lebih baik kami di rumah dan berusaha bagaimana caranya selamat. Kami sempat ke rumah sakit, tapi diminta biaya. Kami tidak punya," kata Almayani.

Hingga kini kondisi Fitri masih dalam kondisi lemas usai melakukan persalinan.

Pada kesempatan sama, Patiroi Patau, Ketua RT setempat menjelaskan, faktor utama Fitri tidak melakukan persalinan di rumah karena tidak memiliki biaya.

"Kalau pun mereka melahirkan di rumah, kami tidak heran. Selama ini ibu itu melahirkan di rumnah. Nah pas lahir ketiga, menjadi heboh," papar Patiroi.

(fmh/okz)


No comments

Powered by Blogger.