Andre Rosiade, Kunci Kemenangan NA IC


Oleh : Minuk Chaniago


Memasuki menit menit akhir, pertarungan Pilgub Sumbar 2020, makin memanas. Empat Paslon melalui Timsesnya mulai turun gunung mensosialisasikan ketengah masyarakat. Perang di Medsos pun tak terelakkan. Tidak saja, menjual Paslon, blackcampaign menyertai perang urat syaraf itu.


Dari empat Paslon, Mualim, NA IC, Fage dan Maudy, terlihat NA IC gerakannya agak beda dan nyata. NA IC beruntung hanya diusung satu Partai Gerindra. Apalagi, Partai Prabowo ini mendominasi pada Pilpres dan Pilgub 2019 lalu. Pergantian Ketua DPD Gerindra dari Nasrul Abit kepada Andre Rosiade jelang bergulirnya Pilgub, merupakan langkah tepat dan cerdas.


Buktinya, sebagai Ketua DPD Gerindra sekaligus anggota DPR RI, Andre Rosiade bergerak leluasa memainkan perannya. Ada kata miring, Andre lebih menonjol gerakannya daripada NA, itu wajar. Tapi, dibawa Andre Partai Gerindra yang mengusung NA IC sebagai Wagub dan Cawagub. Artinya, gerakan Andre kelapangan membawa Partai Gerindra, tertitip pesan mengarahkan suara pada NA IC.


Saat Paslon dan timses lainnya, sibuk mengadakan pertemuan, tatap muka, bagi striker dan kartu nama, Andre malah membagikan uang kepada warga. Cara cerdas, berbungkus CSR, Porkir dan bantuan pribadi, Andre memainkan 'money politik' yang halal dan tak ada aturan yang melarang. Tiada hari tanpa berbagi dilakukan Andre. Meski, tak membawa Paslon NA IC dalam bantuan itu.


Tapi, masyarakat tahu, Andre Ketua DPD Gerindra, membawa pesan untuk memenangkan NA IC. Bantuan pribadi kepada warga miskin berupa uang tunai mengalir deras ditengah Pilgub Sumbar. Tak tersirat 'money politik' karena bantuan bersifat pribadi, meski ada embel Gerindra, NA IC.

Bantuan kepada Mesjid, Mushalla, UKM, lembaga dan kepada pihak lainnya, berbungkus Porkir dan CSR, Partai Gerindra tetap terbawa dalam setiap bantuan.


Langkah tepat dan cerdas Andre, meski menuai hujatan lawan politik, merupakan kunci kemenangan NA IC. Andre mengalihkan pandangan larangan 'money politik' menjadi sebuah kebenaran dinilai langkah tepat dalam mensosialisasikan Gerindra dan memenangkan NA IC. Andre berbagi uang, Andre berbagi bantuan, tanpa ada aturan KPU yang dilanggar. Sungguh langkah cerdas.


Andre menari- nari mengiring bola diantara kepungan lawan. Andre memberikan umpan terobosan yang menciptakan peluang. Andre memanfaatkan bola mati untuk meraih kemenangan. Sungguh teknik yang tinggi menggapai kemenangan ditengah ketatnya kompetisi memperebutkan kursi orang nomor satu di Sumbar.


Penulis bukan pengamat politik


No comments

Powered by Blogger.