Janda Bolong, Tanaman Sultan dengan Harga Selangit


D'On, Depok (Jabar),-
Tanaman dengan ciri khas bolong pada helaian daunnya, memiliki nilai fantastis hingga ratusan juta Rupiah.

Di Kawasan Bojongsari, Sawangan Kota Depok, dilakukan budidaya Janda Bolong. Terdapat tiga jenis dari tanaman dengan nama latin Monstera Adan Soni’i. Di antaranya, Janda bolong regular non varigata yang dibanderol ratusan ribu Rupiah, janda bolong varigata yang berkisar hingga puluhan juta Rupiah.

Dan yang terakhir Janda Bolong Obliqua yang merupakan jenis tanaman Janda Bolong dengan harga tertinggi. Sebab nilai estetika daun berpola yang sangat tipis.

Menurut Pecinta Tanaman Hias Herawati, tingginya harga tanaman tersebut dikarenakan adanya proses alam yang merubah genetic tanaman tersebut hingga menyebabkan adanya dia warna pada satu tanaman yakni putih hijau atau kuning hijau.

"Tanaman hias janda bolong ini berkembang dengan cara merambat dan tumbuh di iklim tropis," tuturnya, dikutip dari iNews, Jumat (25/9/2020).

Meski memiliki harga yang fantastis, tanaman jenis ini diburu oleh banyak pecinta tanaman baik dalam negeri atau luar negeri.

Herawati menilai bahwa tanaman hias ini masih langka untuk ditemui dan mudah dalam hal perawatannya.

Sementara itu, Penjual Tanaman Hias Janda Bolong Paul mengatakan, budidaya tanaman hias ini mulai digeluti sejak 2018. Dirinya mendapati Janda Bolong varigata dari rekannya di Jepang.

"Tentunya tak menyangka jika pada akhir tahun 2019 harga tanaman tersebut merangkak naik," ujarnya.

Bahkan, berkat adanya omzet dari tanaman hias ini dirinya mampu bertahan di tengah Pandemi. Saat ini tanaman tersebut sudah berhasil masuk ke dalam pasar ekspor sejumlah negara seperti Benua Amerika dan Eropa, walaupun terkadang terjadi kendala saat membutuhkan izin pengiriman ekspor ke luar negeri.

(mond/okz)


No comments

Powered by Blogger.