Surat untuk Mahfud MD jadi Mendagri Ad Interm Tetiba Dibatalkan, Simak Alasannya

D'On, Jakarta,- Sebuah surat dengan nomor 821.1/4837/SJ beredar pada hari ini, Jumat, 28 Agustus 2020. Isinya terkait penunjukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan, Mahfud MD, sebagai ad interim Menteri Dalam Negeri.

Artinya, Mahfud menggantikan Mendagri Tito Karnavian untuk sementara. Sebab, dari hal surat tersebut tertera 'Penunjukan Menteri Dalam Negeri Ad Interim’. Setelah dikonfirmasi, Mensesneg Praikno membenarkan adanya surat tersebut.

"Benar bahwa Menkopolhukam menjadi ad interim Mendagri, karena hari ini Jumat 28 Februari, Mendagri pergi ke luar negeri (Singapura) untuk pertemuan dengan dan atas undangan dari Minister for Home AffairsSingapura," kata Mensesneg Pratikno.

"Surat sudah diralat dan dibatalkan. Tadinya dibuat untuk administrasi internal karena Bapak Mendagri (Tito Karnavian) akan tugas keluar kota," kata Benny lewat pesan tertulisnya.

Kata dia, mengingat Mendagri Tito akan melakukan kunjungan ke luar negeri selama Sabtu dan Minggu, maka harus ada ad interim. Hal itu untuk memudahkan proses administrasi jika ada suatu hal yang mendesak.

"Tapi karena hari Sabtu dan Minggu tidak ada administrasi surat di Kemendagri, maka tidak diperlukan lagi surat tersebut," tambah Benny.

Karena itu, Kemendagri segera meralat dan membatalkan surat dimaksud. Ralat itu juga disebut agar tidak menjadi isu atau informasi yang keliru dalam memaknai surat itu.

(ase/VV)

No comments

Powered by Blogger.