Mayjen Richard TH Tampubolon, Putra Batak Pertama Jadi Komandan Koopssus TNI

D'On, Jakarta,- Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto mengangkat Mayor Jenderal (Mayjen) Richard TH Tampubolon sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI yang baru. Mayjen Richard diangkat menjadi Dankoopssus TNI melalui mutasi dan promosi yang tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/588/VII/2020 tanggal 27 Juli 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Koopssus TNI merupakan organisasi baru di lingkungan TNI yang diresmikan pada 30 Juli 2018. Koopssus TNI dibentuk berdasarkan Peraturan Panglima (Perpang) TNI Nomor 19 Tahun 2019 tanggal 19 Juli 2019 tentang Organisasi dan Tugas Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia. Personel Koopssus TNI ini berasal dari matra darat, laut, dan udara.

Melansir dari Tribunnews.com, Mayjen Richard menjadi perwira TNI kedua yang menjabat sebagai Dankoopssus TNI. Dankoopssus TNI pertama dijabat oleh Brigjen TNI Rochadi yang ditarik menjadi Pati TNI AD dalam rangka pensiun per 29 Juni 2020.

Menjadi Dankoopssus TNI, seperti apa profil Mayjen Rizhard TH Tampubolon?

Richard lulus dari Akademi Militer tahun 1992. Dalam kariernya, Richard sempat menduduki jabatan strategis mulai dari komandan korem hingga komandan satuan elit TNI AD, Kopassus.

Ia mengawali kariernya menjadi Pabandya Lid Sintel Makopassus kemudian Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadangrup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus hingga menjadi Dangrup 2 Kopassus dan Dangrup 3 Kopassus di tahun 2015.

Setelah itu, Richard menjabat sebagai Komandan Korem 023/Kawal Samudera dan Danrindam VI/ Mulawarman. Karier Richard terus menanjak saat ia dipercaya menjadi Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjen Kopassus) pada 4 Februari 2017.

Selepas menjabat Wadanjen Kopassus, Richard dipercaya menjadi Kasdam VI/Mulawarman. Pada 5 Desember 2019, Richard melepas jabatan sebagai Kasdam IV/Mulawarman dan menjadi Kaskogabwilhan I. Tujuh bulan menjabat sebagai Kaskogabwilhan I, Richard kini menjadi Dankoopssus TNI.

Dari sisi operasi militer, pernah menjadi komandan saat mengikuti operasi militer di Timor-timor tahun 1998. Kemudian juga menjadi Komandan Sub Kontingen Sea Games XXXVI di Palembang tahun 2011.

(mond/LJC)


No comments

Powered by Blogger.