Makin Memanas, Bendera AS Diturunkan dari Konsulat di China

D'On, Chengdu (China),- Media pemerintah China memberitakan bendera Amerika Serikat (AS) di konsulat AS, Chengdu, China telah diturunkan. Otoritas pun mengosongkan bangunan tersebut atas perintah pemerintah China.

Dilansir dari US News, bendera AS diturunkan pada Senin (27/7) pukul 06.18 pagi waktu setempat, menurut laporan media pemerintah CCTV di akun media sosialnya. China telah memerintahkan menutup konsulat tersebut pada Jumat (24/7) untuk membalas AS yang memerintahkan penutupan Konsulat China di Houston pekan lalu.

Truk-truk pindahan tiba di konsulat AS, Chengdu, pada Minggu (26/7) sore dan pergi beberapa jam kemudian. Pada tengah malam, kendaraan trailer memasuki kawasan dan tak lama kemudian menyusul truk kontainer besar dan kendaraan derek.

Polisi telah menutup 2 sampai 3 blok area di sekitar konsulat untuk melancarkan jalannya pengosongan bangunan itu. Namun, sebelum ditutup, banyak pengunjung tertarik datang ke sana setelah mendengar pengumuman penutupan itu. Mereka tak lupa berswafoto dan rela berdesak-desakkan di trotoar yang ramai pada akhir pekan.

Pembalasan China terhadap AS menandai makin panasnya ketegangan kedua negara di berbagai bidang, mulai dari ekonomi, perdagangan, teknologi, hingga keamanan. Sebelumnya, AS menuding konsulat China di Houston sebagai sarang mata-mata Beijing yang mencoba mencuri data dari fasilitas di Texas, termasuk sistem medis A&M Texas dan Pusat Kanker MD Anderson Universitas Texas di Houston. China pun menganggap tudingan itu sebagai fitnah yang keji.

(US News/CCTV)


No comments

Powered by Blogger.