Breaking News

Wagub Sumbar Apresiasi Gugus Tugas Mentawai Tangani Covid-19


D'On, Mentawai (SUMBAR),- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bersama tim gugus tugas melakukan kunjungan  ke Pulau Siberut, Muaro Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, memastikan penanganan virus corona di pulau tersebut berjalan dengan baik.

Sampai di pelabuhan rombongan Wagub Sumbar disambut dengan protokol kesehatan Covid-19 yang begitu ketat, dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Siberut, Senin (01/6/2020).

"Kami sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras dari gugus tugas disini. Dengan pemeriksaan ketat seperti ini, kita yakin penanganan virus corona di pulau ini bisa berjalan dengan baik," ucap Nasrul Abit.

Wagub Sumbar mengatakan, sejauh ini masyarakat Siberut terus melakukan protokol Covid-19 pada setiap orang yang masuk ke wilayahnya. Kebijakan ini tidak lepas dari kerja keras Bupati Kepulauan Mentawai dan dukungan semua pihak dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sejauh ini lanjutnya situasi masih terkendali, hal ini tak lepas adanya sinergitas antara Pemerintah, TNI dan Polri. Wagub Sumbar memastikan penanganan penyebaran wabah Covid-19 bisa berjalan lancar. Bahkan untuk persiapan menuju tatanan kehidupan baru.

Selain itu, Nasrul Abit juga memuji masyarakat Muaro Siberut daerah yang paling siap dalam hal penanganan pandemi Covid-19, karena terlihat masyarakat Siberut mengikuti semua anjuran pemerintah mengikuti protokol Covid-19.

"Kunci masalah ini ada di masyarakat, kalau dilakukan dengan disiplin dan penuh keiklasan, maka Covid-19 tidak ada lagi di Mentawai," sebutnya.

Menurutnya dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19. Melibatkan tokoh masyarakat seperti tokoh agama, tokoh adat dan tokoh yang lain menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat.
Sementara itu, Wakapolsek Muara Siberut Ipda Dinardo Bangsawan SH mengatakan, bahwa siapa saja yang datang ke Siberut pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Siapa saja yang masuk ke wilayah ini, wajib memenuhi protokol kesehatan, kalau tidak kami akan lakukan tindakan tegas. Perintah putar balik akan kita lakukan," kata Dinardo.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pihaknya akan selalu mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sehingga terhindar dari wabah Virus Corona.

Dinardo berharap masyarakat sadar bahwa situasi pandemi Covid 19 belum berakhir, karena itu mari terus meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan Virus Corona ini dengan menjalankan protokol covid.

BIRO HUMAS SETDA SUMBAR