Breaking News

Cegah Penularan Covid-19 Di Padang, Kongsi Covid-19 Terus Disebar

D'On, Padang,- Upaya mencegah sekaligus mengatasi penularan virus corona (covid-19) terus digalakkan Pemerintah Kota Padang. Kali ini, Polresta Padang bekerjasama dengan Pemko Padang membentuk posko kongsi covid-19 yang berlokasi di Komplek Sumbar Mas, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur.

Sebagaimana diketahui, posko kongsi covid-19 ini diberi nama Posko Kongsi Solid (Tangguh Informasi) "Nagari Tageh Rumah Gadang".

Kapolresta Padang Kombes Yulmar Try Himawan mengatakan, Posko Kongsi Solid (Tangguh Informasi) "Nagari Tageh Rumah Gadang" merupakan penjabaran dari program kampung “Tangguh Nusantara” yang digagas Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

"Ada empat aspek yang ingin kita inginkan dengan terbentuknya posko ini, tangguh kesehatan, tangguh sosial ekonomi, tangguh informasi dan tangguh keamanan," jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya posko ini dapat membantu para penderita covid-19 untuk sembuh dan bisa menghadapi new normal. "Output yang kita harapkan dengan pembentukan kongsi ini dapat membantu penderita covid-19 bisa sembuh dan sehat kembali, mengembalikan fungsi-fungsi sosial serta kesejahteraan dan kesehatan masyarakat ," tukuknya.
br /> Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia per Juni 2020, bahwa masyarakat sudah boleh melakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap menjalankan protab kesehatan pencegahan covid-19.

"Dengan berkahirnya PSBB maka pengawasan masyarakat otomatis berkurang. Nah, dengan adanya posko kongsi covid-19 dapat membantu mengawasi masyarakat di tingkat kelurahan maupun RT/RW agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama beraktivitas," ujar Hendri Septa saat meninjau lokasi tersebut, Selasa (23/6/2020).

Wawako berharap, posko kongsi covid-19 ini dapat menjadi rolemodel daerah lain di Indonesia. "Mudah-mudahan dengan adanya kongsi covid-19, masyarakat dapat saling mengingatkan dan terlindungi selama beraktivitas," ujarnya.

Hadir dalam peninjauan tersebut, Wakapolresta Padang AKBP Haris Hadis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani, Camat Padang Timur Ances Kurniawan dan lainnya.

Direncanakan Posko Kongsi Solid (Tangguh Informasi) "Nagari Tageh Rumah Gadang"  akan dilaunching oleh Kapolda dan Gubernur Sumatera Barat pada Kamis 25 Juni 2020.

(Muliadi/hms pdg)