Ratusan Tentara India dan China Baku Hantam di Daerah Perbatasan LAC


D'On, New Delhi (India),- Lebih dari seratus tentara terlibat dalam konfrontasi fisik di sepanjang perbatasan India-China di Himalaya. Medial lokal melaporkan, konfrontasi itu diduga menyebabkan jatuhnya korban luka-luka di kedua belah pihak.

Mengutip dua sumber militer berpangkat tinggi, Hindustan Timesmelaporkan bahwa insiden itu terjadi pada Sabtu (9/5/2020) di jalur pegunungan pada ketinggian lebih dari 5.000 m di sepanjang perbatasan dengan China di Negara Bagian Sikkim di timur laut India.

"Empat tentara India dan tujuh tentara Tiongkok menderita luka-luka selama konfrontasi yang melibatkan sekitar 150 tentara," kata seorang perwira yang tidak disebutkan namanya kepada Hindustan Times. Dia menggambarkan insiden itu sebagai "konfrontasi agresif."

Sumber militer India juga mengonfirmasi kepada kantor berita ANI bahwa konflik perbatasan terjadi di bagian utara Sikkim, dengan mengatakan bahwa "perilaku agresif dan cedera ringan terjadi di kedua sisi."

Kedua outlet berita itu melaporkan bahwa konflik diselesaikan di tingkat lokal.
India dan China memiliki beberapa sengketa wilayah. Kebuntuan dan bentrokan kadang-kadang terjadi di sepanjang perbatasan antara Sikkim dan Tibet di China, serta di Jalur Kontrol Aktual (LAC) yang disepakati bersama di Kashmir, di mana kedua negara juga berbagi perbatasan.

Beijing dan New Delhi telah mengadakan pembicaraan tingkat tinggi untuk menyelesaikan masalah perbatasan. Desember lalu, kedua pihak sepakat untuk membuat hotline antara Tentara India dan Tentara Pembebasan Rakyat China untuk menghindari konflik di sepanjang LAC.

(mond/okezone)

No comments

Powered by Blogger.