Pasien Covid-19 Pulang Kampung saat Lebaran, 41 Warga Batang Kapas Pessel Dikarantina


D'On, Painan (Sumbar),- Sebanyak 41 warga Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat terpaksa dikarantina di Rusunawa Painan setelah melaksanakan tes swab hari ini. Mereka diduga kontak dengan satu orang pasien Covid-19 dari Kota Padang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pessel, Rinaldi mengatakan, 41 orang itu masuk kategori status ODP dan OTG yang sedang menjalani karantina. Warga yang dikarantina itu terdiri dari 11 orang berasal dari Nagari Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan dan 30 orang Nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas.

“Mereka sudah diambil sampel swabnya untuk diperiksa ke labor Unand Padang,” ujarnya Rinaldi, Jumat (29/5/2020).

Rinaldi menjelaskan, awal kejadian bermula saat ada pasien dari Kota Padang pulang kampung di Batang Kapas saat lebaran kemarin.

“Saat itu pasien yang terkonfirmasi positif itu belum diketahui dia positif karena belum keluar hasil swabnya. Akibatnya pasien itu melakukan kontak dengan dengan keluarga dan tetangganya terjadi saat pulang kampung,” terangnya.

Setelah diketahui, pasien dari Kota Padang tersebut positif dengan klaster Pasar Raya Padang (zona merah), tim langsung melakukan tracing ke lokasi kontak, semula berjumlah 27 orang kemudian bertambah menjadi 30 orang, lalu terus melakukan tracing akhirnya ditemukan 11 orang lagi.

“Semuanya sudah kita karantina sambil menunggu hasil tes swab, mudah-mudahan semua negatif,” harapnya.

Sampai hari di Kabupaten Pesisir Selatan tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap sebanyak 18 orang.

Ke-18 pasien positif tersebut, dengan rincian sebagai berikut, sembuh 13 orang, meninggal 1 orang, dirawat/karantina 4 orang, dengan rinciannya, 1 orang di Balai Diklat BPSDM Sumatera Barat di Padang Besi, 1 orang Diklat Kemenag, dan 2 orang dikarantina di Bapelkes Sumatera Barat.

(mond)

No comments

Powered by Blogger.