Akhirnya Trump Mau Gunakan Masker Tapi Menolak Untuk di Foto

D'On, Michigan (AS),- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mau pakai masker di tengah pandemi COVID-19. Namun, ia tak mau difoto.

Dilansir dari South China Morning Post, orang nomor satu di AS itu melakukan tur pada Kamis (21/5) di pabrik kendaraan Ford, Michigan, di mana para pekerjanya kini beralih merakit respirator dan peralatan medis lainnya untuk memerangi COVID-19. Di saat itulah ia memamerkan maskernya dan mengaku telah menutup wajahnya.

"Saya melakukannya tadi. Saya memakainya di area belakang itu, tetapi saya tak ingin pers melihatnya," ungkapnya.

Hampir semua orang di pabrik Ford memakai penutup wajah, sejalan dengan kebijakan perusahaan dan imbauan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona. Dalam pernyataan pabrik tersebut, pemimpin perusahaan Bill Ford membujuk Trump agar mau pakai masker saat tiba. Presiden 73 tahun itu pun memakai masker saat melihat-lihat tiga Ford GT. Namun, ia melepasnya menjelang akhir kunjungan.

Presiden AS ke-45 tersebut tak pernah terlihat memakai masker di depan umum. Ia pernah berdalih bahwa penampilannya dengan masker tak sesuai dengan citra dirinya sebagai pemimpin dunia. Pada Kamis (21/5), Trump mengaku maskernya sangat bagus dan kelihatan sangat bagus dipakainya.

Kontroversi pemakaian masker muncul di kalangan sayap kanan AS yang mendukung Trump. Di kalangan yang lebih ekstrem, tuntutan kewajiban pakai masker bahkan ditafsirkan sebagai konspirasi melawan kebebasan yang telah dijamin konstitusi.

(Reuters/SCMP)

No comments

Powered by Blogger.