5 Keutamaan Membaca Surat Yusuf, Dibangkitkan dengan Wajah yang Indah!


Dirgantaraonline.co.id,- Surat Yusuf merupakan surat kedua belas dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 111 ayat dan termasuk dalam kategori surat Makiyah. Surat ini diberi nama Yusuf sebagaimana riwayat dan kisah dari perjalanan hidup Nabi Yusuf AS.

Seperti surat Al-Qur'an lainnya, surat Yusuf juga memiliki beberapa keutamaan serta manfaat yang bisa diperoleh ketika dibaca. Nah, berikut ini keutamaan membaca surat Yusuf berdasarkan sabda Rasulullah SAW.

1. Dibangkitkan pada hari kiamat dengan keindahan wajah layaknya Nabi Yusuf

Dalam tafsir Ats-Tsaqalayn, Imam Ja'far Ash-Shadiq berkata:
“Barangsiapa yang membaca surat Yusuf tiap-tiap hari serta tiap-tiap malam, ia dapat dibangkitkan pada hari kiamat keindahan berwajah layaknya keindahan Yusuf, tidak ditimpa azab besar pada hari kiamat, serta ia terhitung ke dalam hamba-hamba Allah yang saleh serta pilihan.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 2 : 408 )

Nah, berdasarkan sabda Rasulullah tersebut, jelas dikatakan bahwa umat muslim yang membaca surat Yusuf setiap hari dan setiap malam, maka ia akan dibangkitkan dengan keindahan wajah layaknya Nabi Yusuf pada hari kiamat nanti.

2. Dihindari dari azab besar pada hari kiamat

Dalam tafsir Ats-Tsaqalayn di atas, juga dijelaskan bahwa ketika hari kiamat nanti, orang yang membaca surat Yusuf tidak hanya dibangkitkan dengan wajah yang indah layaknya Nabi Yusuf saja. Melainkan, juga dihindarkan dari azab yang besar saat hari kiamat.

3. Masuk ke dalam golongan hamba-hamba Allah yang saleh

Selain itu, Imam Ja'far Ash-Shadiq dalam tafsir Ats-Tsaqalayn yang sudah disebutkan sebelumnya, juga mengatakan bahwa orang yang membaca surat Yusuf setiap hari serta setiap malam, akan terhitung ke dalam hamba-hamba Allah yang saleh serta pilihannya.

4. Diberikan kemudahan ketika menghadapi sakaratul maut

Dalam tafsir Majmu'ul Bayan, Rasulullah SAW juga bersabda:
“Ajarkan surat Yusuf pada budak-budakmu, dikarenakan seorang muslim yang membaca serta mengajarkannya pada keluarga serta budaknya, Allah dapat berikan kemudahan waktu sakaratul mautnya serta memberinya kemampuan supaya sebagai seorang muslim tidak dihasut. ” (Tafsir Majmu’ul Bayan )

Berdasarkan sabda tersebut, jelas terdapat kalimat yang menerangkan bahwa seorang muslim yang membaca serta mengajarkan surat Yusuf kepada keluarganya, maka Allah akan senantiasa memberikan kemudahan ketika sakaratul maut.

5. Diberikan kemampuan agar tidak mudah dihasut

Tidak hanya itu saja, dalam tafsir Majmu'ul Bayan yang dijelaskan di atas, juga terdapat kalimat yang menerangkan jika Allah SWT akan memberi orang-orang yang membaca dan mengajarkan surat Yusuf kepada keluarganya, sebuah kemampuan agar seorang muslim tidak dihasut. 

Itu dia beberapa keutamaan yang akan kita dapat ketika membaca surat Yusuf berdasarkan sabda Rasulullah SAW. Yuk, perbanyak amalan agar kita senantiasa menjadi orang-orang yang beriman!

(Abu Khalil)

No comments

Powered by Blogger.