Breaking News

Wagub DKI Himbau Pekerja Korban PHK Buka Usaha Pembuatan Masker


D'On, Jakarta,- Puluhan ribu pekerja atau buruh di Jakarta terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena dampak mewabahnya pandemi virus corona (Covid-19) di wilayah Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI terpilih Ahmad Riza Patria mengimbau kepada buruh yang terkena PHK agar mencari ide pembuatan usaha. Salah satu usulannya, yaitu membikin masker kain yang nantinya bisa dijual di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi gini, yang udah di-PHK nanti diharapkan bisa kerja di rumah dengan cara buka usaha di rumah, bisa bikin masker, APD, apa sarung tangan dan lain-lain," kata Riza saat dihubungi wartawan, Selasa (14/4/2020).

Selain membuka usaha produksi masker, kata dia, ada jenis usaha lainnya yang kini sedang diburu masyarakat, yakni menyediakan kebutuhan sehari-hari.

"Usaha kreatif, usaha usaha pangan, itu juga bisa karena sekarang kebutuhan makan dan sebagainya semakin tinggi," katanya.

Ia menyebut, ketika dirinya resmi dilantik nanti akan mengupayakan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk menggelar pelatihan dan pembekalan kepada mereka yang di-PHK.
"Kan ada program Jakpreneur, itu dilakukan," pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 50.891 buruh di Jakarta kehilangan pekerjaan karena PHK perusahaan imbas dari mewabahnya pandemi Covid-19. Jumlah ini terhitung sejak 9 April 2020 lalu dan diperkirakan bakal terus bertambah seiring penyebaran Covid-19 yang terus meluas.

"Ada 50.891 pekerja atau buruh dari 6.782 perusahaan yang di PHK," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi, Andri Yansah kepada wartawan, kemarin.

Sementara itu, lanjut dia, ada sekira 272.333 buruh yang dirumahkan dan tak terima gaji dari 32.882 perusahaan akibat terdampak dari virus corona. Nantinya, lanjut Andri data tersebut akan dikirimkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Ketenagakerjaan untuk diverifikasi.

(mond/okezone)