Merupakan Perhiasan Dunia, Ini 5 Hadis Rasulullah Tentang Istimewanya Seorang Wanita Salihah


Dirgantaraonline.co.id,- Wanita memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam. Allah Swt juga begitu menjaga harkat dan martabat seorang Wanita Salihah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya Hadis yang menjelaskan tentang keistimewaan seorang wanita.

Apa saja?

1. Wanita Salihah adalah perhiasan dunia

Sebuah Hadis menyebutkan bahwa, “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah istri yang salihah.” (HR Muslim dari Abdullah bin Amr).
Allah menciptakan wanita beserta dengan keindahannya dari ujung kepala hingga ujung kaki. Keindahan itu tak hanya dapat dinilai dari fisik semata tetapi juga hati dan pemikiran. Sebagai perhiasan, maka hendaklah dijaga dan dirawat.

2. Wanita yang salihah lebih baik dari bidadari surga

Keistimewaan wanita juga disebut lebih baik dari bidadari yang ada di surga. Rasulullah pernah bersabda bahwa ‘perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada bidadari surga 7.000 kali lipat.’

Selain itu, Ibnu Mubarok juga menyampaikan riwayat dari Hibban bin Abi Jabalah yang mengatakan bahwa, “Sesungguhnya wanita dunia yang masuk surga lebih unggul dibandingkan wanita surga, disebabkan amal yang mereka kerjakan sewaktu di dunia.”

3. Terdapat pengecualian dalam beribadah bagi wanita

Sangking istimewanya seorang wanita, Allah pun memperbolehkan para wanita untuk tidak menunaikan salat dalam masa haidnya. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah.

“Siapa saja wanita yang mengalami haid maka sakitnya haid yang mereka alami akan menjadi kafaroh atau tebusan bagi dosa-dosanya yang terdahulu.”

4. Memiliki akses surga dari pintu mana pun

Rasulullah pernah menjelaskan bahwa Wanita Salihah dapat masuk surga melalui pintu mana pun. Mereka yang telah menunaikan salat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjauhi zina, dan berbakti kepada suami memiliki akses untuk masuk surga.

“Jika seorang wanita menunaikan salat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya, niscaya akan dikatakan padanya, ‘Masuklah ke dalam surga dari pintu mana pun yang kau mau.’” (HR Ahmad)

5. Surga berada di bawah telapak kaki ibu

Perumpamaan ini jelas ditujukan kepada seorang wanita supaya anak-anaknya mampu menghormatinya sebagai seorang ibu. Betapa istimewanya, sampai-sampai surga diibaratkan berada di bawah telapak kaki seorang wanita.

Dari Musa bin Muhammad bin ‘Atha,' Abu Al-Malih, Maimuna, dari Ibnu ‘Abbas, berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Surga itu di bawah telapak kaki-kaki para ibu, siapa yang mereka kehendaki mereka akan memasukkannya, dan siapa yang mereka kehendaki, maka mereka akan mengeluarkannya.”

(Abu Khalil)

No comments

Powered by Blogger.