Lindungi Anak dari Kejahatan dengan 5 Anjuran Rasulullah


Dirgantaraonline.co.id,- Anak merupakan amanah dari Allah yang harus dijaga tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, maka penting untuk menyediakan ruang aman supaya anak merasa nyaman dari segala marabahaya.

Rasulullah menganjurkan beberapa cara untuk menjaga dan melindungi anak-anak dari kejahatan, baik yang terlihat maupun tidak. Berikut ulasannya.

1. Membaca doa untuk memohon perlindungan

Terdapat sebuah doa yang biasanya dibacakan oleh Rasulullah untuk meminta perlindungan bagi Hasan dan Husain.

Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin.

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun dan dari pengaruh ‘ain yang buruk.” (HR Bukhari)
Para orang tua bisa membacakan doa ini kepada anak-anak pada pagi hari dan malam, serta sebelum meninggalkan rumah.

2. Membaca 3 surah terakhir dan Ayat Kursi

Tiga surat terakhir yakni surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas memiliki manfaat sebagai perlindungan. Baca ketiga surah tersebut beserta Ayat Kursi ke dalam tangan, kemudian disekakan ke anak-anak sebelum tidur.

Hal tersebut seperti yang diriwayatkan Aisyah, “Ketika Rasulullah pergi tidur setiap malam, dia memegang tangannya bersama dan meniupkan ke dalamnya Qul huwallahu ahad, Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin naas. Lalu ia akan menyapu bersih semua yang ada di tubuhnya, dimulai dengan kepala dan wajahnya dan bagian depan tubuhnya, dan dia melakukannya tiga kali.” (HR Bukhari)

3. Membaca surah Al-Baqarah

Ketika terdapat gangguan yang bersifat gaib seperti sihir atau santet, maka membaca surah Al-Baqarah diyakini mampu menjauhkan setan dari rumah.
Hal ini seperti perkataan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, “Jangan buat rumahmu seperti kuburan, karena setan akan kabur dari rumah yang sering dibacakan surah Al-Baqarah.” (HR Bukhari).

4. Tak memperbolehkan anak untuk bermain di luar saat magrib

Iblis dan setan akan keluar pada saat magrib. Oleh karenanya, Rasulullah menganjurkan kepada orang tua untuk melarang anak-anaknya keluar rumah di waktu ini. Jagalah anak ketika 30 menit sebelum waktu maghrib dan satu jam setelahnya.

“Ketika malam tiba, jaga anak-anak kalian di dalam rumah, karena setan sudah keluar pada waktu itu. Ketika satu jam malam berlalu, kalian bisa membiarkan mereka pergi.” (HR Bukhari Muslim).

5. Mengajarkan adab saat berada di toilet

Penting mengajarkan anak terkait bagaimana adab di kamar mandi. Hal ini karena kamar mandi dan toilet merupakan tempat pembuangan kotoran sehingga dimungkinkan jin tertarik dengan tempat tersebut. Rasulullah pun menganjurkan untuk melindungi diri ketika sedang menggunakan kamar mandi.

(Abu Khalil)

No comments

Powered by Blogger.