Peringati HPSN DLH Pemko Payakumbuh Gelar Turnamen Futsal

D'On, Payakumbuh (Sumbar),- Sesuai dengan surat edaran dari Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SE .1/MENLHK-PSLB3/PS/PLB.O/2/2020 tentang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 yang mengambil tema "Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera",  Pemko Payakumbuh melalui Dinas Lingkungan Hidup mengadakan Turnamen futsal Wali Kota Cup HPSN 2020 yang digelar di Gunapaksi Futsal Indor Tanjuang Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat, Sabtu(29/2).

Turnamen futsal Wali Kota Cup HPSN 2020 ini diikuti oleh 16 Sekolah SLTA sederajat yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Staf ahli Syahril.

Dalam sambutannya Syahril mengatakan peringatan HPSN tahun 2020 ini bukan sebagai seremonial belaka.
"Tetapi juga untuk membangun kesadaran bersama bahwa pentingnya hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah," kata Syahril.

"Sosialisasikan dan edukasi kepada masyarakat perihal dinamika persampahan untuk mengatasi sampah mulai dari sumbernya. Disamping membangun sinergi upaya pemerintah daerah, masyarakat juga harus mengerti dalam pengelolaan sampah," kata Syahril.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Melalui Kabid pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Hepi menjelaskan Turnamen Futsal dalam rangka peringatan HPSN tahun 2020 merupakan kali pertama dilakukan di Kota Payakumbuh.

Namun ada yang menarik dalam Turnamen Fautsal ini yaitu peserta diwajibkan membawa sampah yang dapat di daur ulang dengan berat minimal 5 KG sebagai syarat untuk mengikuti Turnamen tersebut Kata Hepi.

"Yang lebih menarik lagi, dalam pertandingan futsal ini setiap yang melakukan pelanggaran seperti terkena kartu merah akan dikenakan denda berupa 1 kg sampah," ujar Hepi

Turnamen Futsal ini diadakan dua hari mulai tanggal 29 sampai 1 maret 2020. Hari pertama  merupakan babak penyisihan dan besok adalah babak Final.

Hadiah yang diberikan bagi pemenang Turnamen Futsal yaitu berupa piala dan uang tunai sejumlah 1 juta rupiah untuk juara I, 750 ribu rupiah untuk juara II dan 500 ribu rupiah untuk juara III.

(hms)

No comments

Powered by Blogger.