Mumpung Rajab Belum Berakhir, Yuk Jangan Lewatkan 4 Ibadah Berpahala Besar Ini


Dirgantaraonline.co.id,- Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman yang artinya, "Sesungguhnya jumlah bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan (yang telah ditetapkan) di dalam kitab Allah sejak menciptakan langit dan bumi. Di antara dua belas bulan tersebut terdapat empat bulan yang suci. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian mendzalimi diri kalian pada bulan-bulan (suci) tersebut.” (QS. At Taubah: 36).

Keterangan tentang empat bulan yang suci (haram) di atas kemudian dijelaskan Nabi Muhammad saw dalam salah satu hadisnya.

"Zaman (masa) terus berjalan dari sejak awal penciptaan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan di antaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan, yaitu Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, dan Muharam serta Rajab yang berada antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban." (HR. Al Bukhari)

Oleh karenanya, mumpung bulan Rajab belum berakhir, maka usahakan tidak melewatkan Amalan-Amalan berikut ini.

1. Berpuasa

Keutamaan berpuasa di bulan Rajab dikatakan Nabi saw dalam salah satu hadisnya yang diceritakan oleh Anas bin Malik.

Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat sungai yang disebut Rajab. (Sungai Rajab) Lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa satu hari di bulan Rajab, maka Allah kelak memberinya minum dari sungai tersebut." (HR. Al-Baihaqi)

2. Memperbanyak Doa bulan Rajab

Allahumma baarilanaa fii rajaba wa sya'baaana wa ballighnaa ramadhanaa.

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan."

3. Memperbanyak Doa ini di waktu pagi dan sore hari

Rabbigh firlii warhamnii wa tub 'alayya innaka antat tawwabur rahiim

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah tobatku sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha menerima tobat lagi Maha Penyayang."

4. Memperbanyak membaca sayyidul istighfar

Allahumma anta robbi, la ilaha illa anta khalaqtani wa ana ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu. A’udzubika min syarri ma shana’tu, abu–u laka bini’matika ‘alayya wa abu-u bidzambi faghfirli fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang patut disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu dan di atas ikatan janji-Mu yang aku jalankan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala perbuatan jelek yang telah kuperbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu. Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

Itulah empat amal ibadah yang apabila dikerjakan insyaAllah akan mendapat pahala besar karena dilakukan di bulan suci Rajab.

Wallahu a'lam.

(abu khalil)

No comments

Powered by Blogger.