Mengenal Khasiat Habbatussauda, Obat herbal Penyembuh Segala Penyakit


Dirgantaraonline.co.id,- Rasulullah bersabda, “Pada Habbatussauda adalah obat bagi segala penyakit kecuali al-Sam, yaitu maut.” (HR. Bukhari).

Habbatussauda atau Jintan Hitam (Nigella sativa) merupakan rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai campuran obat-obatan. Rempah yang berbentuk butiran biji yang berwarna hitam ini banyak digunakan dan dikenal dapat mengobati segala penyakit selama ribuan tahun yang lalu oleh masyarakat India, Pakistan dan Timur Tengah.

Manfaat dari Habbatussauda sendiri pertama kali diteliti oleh Ibnu Sina, seorang ilmuwan asal Persia yang terkenal pada Zaman Keemasan Islam. Ibnu Sina menulis sebuah jurnal medis bertajuk Canon of Medicine yang di dalamnya menjelaskan Manfaat Habbatussauda sebagat pengobatan sesak nafas, mulai dari gejala asma hingga masalahan pernafasan lainnya.

Penelitian lain juga mengungkapkan Manfaat dari Habbatussauda. Dr. Kawther S. Zaher mengatakan, Habbatussauda atau jinta hitam ini memiliki beberapa aktivitas biologis dan peroksidasi lipid. Selain itu, terdapat penelitian lain yang mengatakan bahwa Habbatussauda mampu meningkatkan sistem imun dari serangan kanker dan HIV, memiliki kandungan antihistamin, dan antialergi serta mampu mengatasi gangguan tidur serta stress.

Habbatussauda mampu meningkatkan sistem kekebalan dengan cara mengingkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk proses sel-sel pembunuh secara alami. Rempah-rempah ini memiliki tingkat efektivitas hingga 72 persen dalam sistem imun, dibandingkan dengan placebo yang hanya 7 persen.

Selain itu, dengan kandungan asam linoleate yang terdiri dari Omega 3 dan Omega 6, Habbatussauda baik untuk menambah nutrisi pada sel otak sehingga mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, serta kewaspadaan. Kandungan asam linoleate tersebut juga membantu memperbaiki peredaran darah menuju otak yang baik dikonsumsi oleh anak pada usia pertumbuhan dan lansia.

Khasiat dari Habbatussauda juga masih banyak lagi seperti merangsang ASI, melemaskan otot, obat diuretik, mengatasi masalah pencernaan, obat sakit kepala, sakit gigi, hingga melawan kanker dan diabetes.

Nah, itu dia khasiat dan Manfaat dari Habbatussauda.

Konsumsi secara cukup akan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dinda

No comments

Powered by Blogger.