Pemerintah Buka Rekrutmen 238 Ribu CPNS

D'On, Jakarta,- Pemerintah akan membuka kembali 238.015 lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun ini. Hal itu tertera dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) No. 36 Tahun 2018.
Berdasarkan salinan Permenpan RB yang didapat www.dirgantaraonline.co.id dari jdih.menpan.go.id, Rabu (5/9) beleid itu telah ditandatangani oleh Menpan RB Syafruddin pada 27 Agustus 2018. Mengutip dari Pasal 1 ayat 2 total alokasi itu penetapan kebutuhan untuk Instansi Pusat sejumlah 238.015
Rinciannya, instansi pusat 51.271 dan instansi daerah sebanyak 186.744. CPNS kali ini, disebutkan di Pasal 2 diprioritaskan untuk bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, fungsional, dan teknis lain.
Menurut Permenpan RB bidang-bidang itu merupakan prioitas dalam mendukung nawcacita dan rencana pembangunan jangka menengah nasional. Adapun juga akan diadakan penetapan kebutuhan khusus untuk beberapa pihak.
Pihak itu adalah, putra/putri lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, dokter spesialis, diaspora, plahragawan/wati berprestasi internasional, serta tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori-II yang memenuhi persyaratan.
Meski begitu, masih belum ada jadwal kapan dibuka soal CPNS ini. Pasalnya, jadwal pelaksanaan akan diatur secara bersama antara Pejabat Pembina Kepegawaian dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara dan ditembuskan kepada Menpan RB.
Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Siap-siap! Pemerintah akan buka 238.015 lowongan CPNS. (mi/mond)
Powered by Blogger.