Wako Hendri Septa: Padang Siap Jadi Tuan Rumah Porprov XVI

D'On, Padang (Sumbar),- Wali Kota Padang Hendri Septa menyatakan kesiapan Kota Padang menjadi tuan rumah bersama dengan Kota Padang Panjang dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVI Sumatera Barat (Sumbar) di 2023 mendatang.


Sebagaimana diketahui, penunjukan Kota Padang  sebagai tuan rumah Porprov XVI 2023 menggantikan Kabupaten Tanah Datar, secara resmi ditetapkan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi saat memimpin Rapat Kooordinasi (Rakor) Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar Tahun 2022 di Auditorium Gubernuran Sumbar, Senin (6/6/2022) lalu.

"Insya Allah Kota Padang siap menjadi tuan rumah Porprov Sumbar XVI 2023. Kita butuh dukungan berbagai pihak, terutama dari Pemprov Sumbar untuk kelancaran penyelenggaraan alek olahraga se-Sumbar ini," ujar orang nomor satu di Kota Padang tersebut dalam Rapat Teknis Pembahasan Persiapan Penyelenggaraan Porprov XVI 2023 di Lantai II Ruang Rapat Kantor Gubernur Sumbar, Sabtu (11/6/2022) sore.

Rapat tersebut dipimpin Sekdaprov Sumbar Hansastri dengan diikuti Kadispora Sumbar Dedy Diantolani, Plt Ketua KONI Sumbar Hamdanus, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, Ketua KONI Kota Padang Yusra MS dan Ketua KONI Padang Panjang Farimer. 

Selain itu juga hadir Ketua DPRD Padang Panjang Mardiansyah, Sekda Kota Padang Panjang Sonny Budaya Putra dan Kadispora Padang Panjang Maiharman. Sementara dari jajaran Pemko Padang terlihat Kadispora Afriadi dan Kepala Bappeda Yenni Yuliza.

Lebih lanjut Wako Hendri Septa menyebut, mulai saat ini dan ke depan beberapa venue untuk cabang olahraga (cabor) yang akan dihelat beserta hal teknis lainnya akan disiapkan pihaknya secara bertahap.

"Semua hal berkaitan dengan penyelenggaraan Porprov XVI 2023 di Padang akan kita siapkan," ujarnya menambahkan.

Sementara itu Sekdaprov Sumbar Hansastri usai rapat membeberkan beberapa hal pokok hasil dari rapat teknis kali itu.

Pertama dan terutama sekali jelasnya, untuk pelaksanaan Porprov XVI telah disepakati dan ditetapkan bersama akan dihelat tanggal 29 Juli hingga 8 Agustus 2023. 

"Penetapan tanggal ini menurut kita bersama adalah waktu yang tepat, dan telah disetujui kedua daerah yakni Padang dan Padang Panjang melalui Wali Kota dan Ketua KONI masing-masing," jelasnya.

Selanjutnya sambung Hansastri, adapun pada Porprov XVI 2023 cabor yang dipertandingkan yaitu sebanyak 40 cabor dengan 11 cabor akan digelar di Padang Panjang dan selebihnya di Kota Padang.

"Selain itu tidak menutup kemungkinkan jika ada beberapa kabupaten/kota yang mengusulkan untuk ingin berpartisipasi menjadi tempat penyelenggara pada beberapa cabor. Seperti salah satunya Kota Pariaman yang mengusulkan siap untuk menyelenggarakan cabor sepatu roda dan tenis lapangan," sebutnya.

"Selain itu juga ada Kota Solok dan mungkin masih ada lagi kabupaten/kota lainnya. Jadi kita tunggu surat usulannya secara resmi dan nanti finalnya akan ditetapkan pada Rapat KONI Sumbar ke depan."

"Kita tentu berharap, Porprov XVI 2023 bisa berjalan dengan sebaik-baiknya dan sukses. Sebagaimana tujuan inti dari penyelengaraan event ini adalah untuk mencari bibit atlet terbaik Sumbar menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut)," pungkas mantan Kepala Bappeda Sumbar tersebut.

(Dv/Prokompim Pdg)


#PorprovXVI #Olahraga #Padang #Sumbar

Powered by Blogger.