Breaking News

Hasil MotoGP Belanda: Memimpin Sejak Awal Lomba Bagnaia Kuasai Sirkuit Assen

D'On, Belanda,- Francesco Bagnaia menangi MotoGP Belanda 2022 dalam balapan yang diwarnai dua kali kecelakaan yang dialami Fabio Quartararo.


Balapan MotoGP Belanda 2022 di Sirkuit Assen, Minggu (26/6), berlangsung penuh drama. Mulai dari kecelakaan yang dialami Quartararo hingga hujan turun di bagian akhir balapan.

Bagnaia memulai start dengan sempurna. Mengalahkan Quartararo di tikungan pertama dan langsung unggul hingga 0,9 detik atas Aleix Espargaro di lap pertama.

Saat Bagnaia dengan nyaman memimpin balapan di lap-lap awal, Espargaro dan Quartararo bersaing ketat untuk memperebutkan posisi kedua.

Drama terjadi pada lap kelima. Nasib sial dialami Quartararo setelah dua kali jatuh di tempat yang sama. Pembalap Yamaha itu kehilangan kendali di tikungan lima dan menyenggol Espargaro dalam prosesnya. Padahal kedua pembalap sedang bersaing ketat memperebutkan posisi kedua.

Tim Yamaha meminta Quartararo untuk masuk garasi pada lap 10. Tapi juara bertahan MotoGP itu memilih untuk kembali masuk trek. Quartararo sepertinya ingin mencari tahu masalah di sepeda motor M1 miliknya.

Tapi lagi-lagi Quartararo jatuh di tikungan lima pada lap 13. Bahkan kecelakaan kedua lebih buruk karena Quartararo berusaha menahan insiden highside hingga akhirnya terpental.

Quartararo sempat mengerang kesakitan, tapi pembalap asal Prancis itu berhasil berjalan dengan sendiri dan kembali ke garasi Yamaha.

Drama kembali terjadi saat balapan MotoGP Belanda 2022 tersisa sembilan lap lagi. Bendera hujan dikibarkan petugas Sirkuit Assen menandakan hujan turun di sejumlah bagian sirkuit.

Alhasil sistem flag-to-flag diaktifkan. Para kru tim pun sibuk di garasi masing-masing mempersiapkan sepeda motor dengan ban basah.

Namun hingga akhir balapan tidak ada pembalap yang mengganti sepeda motor karena hujan berhenti.

Bagnaia akhirnya menang MotoGP Belanda 2022, disusul Marco Bezzecchi di posisi kedua dan Maverick Vinales di podium ketiga.

Hasil MotoGP Belanda 2022:

1. F. BAGNAIA 40 menit 25,205 detik
2. M. BEZZECCHI +0.444
3. M. VINALES +1.209
4. A. ESPARGARO +2.585
5. B. BINDER +2.721
6. J. MILLER +3.045
7. J. MARTIN +4.340
8. J. MIR +8.185
9. M. OLIVEIRA +8.325
10. A. RINS +8.596


(har)

#MotoGP #BalapMotor #SirkuitAssenBelanda