Muhadjir Minta Validasi Data Gempa Pasaman Diselesaikan Segera

D'On, Pasaman Barat (Sumbar),- Menteri Koordinator Bidang Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta pemerintah daerah segera melakukan validasi data pengungsi gempa Pasaman Barat sebelum 10 Maret 2022.


Langkah itu dilakukan agar pendistribusian bantuan bisa diselesaikan sebelum masa tanggap darurat gempa Pasaman Barat selesai.

"Perlu diselesaikan agar bantuan termasuk uang tunggu, sampai hunian sementara untuk yang memerlukan sampai hunian tetap mereka (pengungsi) dibangun kembali," katanya saat konferensi pers di Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat, Kamis (3/3).

Tidak hanya terkait bantuan, ia juga meminta percepatan data kerusakan infrastruktur termasuk fasilitas umum dapat diselesaikan sebelum 10 Maret, sehingga tahap rekonstruksi segera dilaksanakan.

Sejauh ini terdapat 3.094 rumah yang mengalami kerusakan, 29 rumah ibadah, 33 sekolah, 10 fasilitas kesehatan dan perkantoran yang mengalami kerusakan akibat bencana alam itu.

Kemudian, ia menyampaikan pasokan bahan pokok atau kebutuhan sehari-hari saat ini terpenuhi. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam pendistribusiannya, karena ini tergantung juga dengan data pengungsi.

"Saya juga minta disinkronkan antara jumlah dengan kebutuhan dan suplai barang bantuan,"sebutnya.

Dalam kunjungan tersebut, Muhadjir meninjau sejumlah lokasi di Nagari Kajai dan posko utama di halaman kantor Bupati Pasaman Barat.

Ia juga menyerahkan bantuan sebanyak Rp294 juta, serta bantuan santunan ahli waris korban meninggal akibat gempa, masing masing Rp15 juta, dan tenda gunung sebanyak 1000 unit.

Muhadjir juga menekankan segera beri bantuan toilet darurat dan air bersih untuk setiap titik posko pengungsian. Kemudian percepatan akses jalan Simpang Empat menuju Talu akibat longsor pada 28 Februari 2022 juga akan dikerahkan, seperti alat-alat dan jembatan darurat.

"Saya juga meminta detasemen siap tempur agar alat-alat yang dapat mem-back-up, dan harus segera disiapkan sehingga nanti jalan-jalan yang terputus yang vital segera disambung," katanya.

Data sementara jumlah korban meninggal akibat gempa di Sumbar yakni 13 orang, dengan rincian 7 di Kabupaten Pasaman dan 6 di Kabupaten Pasaman Barat.

(nya/pmg)


#GempaPasaman #MuhadjirEffendy #pasaman #Sumbar

Powered by Blogger.