Pesawat Terbesar di Dunia Hancur Akibat Serangan Rusia di Ukraina

D'On, Ukraina,- Invasi Rusia terhadap Ukraina terus berlanjut. Serangan tak kunjung terhenti sejak Kamis (24/2). Korban berjatuhan. Ibu Kota Kiev, Ukraina benar-benar kacau.


Serangan tak hanya dilakukan Rusia lewat darat. Langit Kiev juga dikuasai.

Bahkan seorang pejabat Ukraina menyebut, pesawat kargo Antonov AN-225, yang dikenal sebagai pesawat terbesar di dunia ikut hancur dalam invasi ini. Pesawat yang diberi nama Mriya yang berarti mimpi itu dalam keadaan terparkir di lapangan terbang dekat Kiev ketika diserang militer Rusia.

"Rusia mungkin telah menghancurkan 'Mriya' kita. Tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, bebas dan demokratis. Kita akan menang!" tulis Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Twitter. Demikian dilansir dari CNN, Senin (28/2).

Ukroboronprom, sebagai perusahaan pengelola Antonov menyebut kondisi pesawat itu sudah hancur. Tetapi Ukraina memastikan pesawat itu akan dibangun kembali dengan biaya perkiraan biaya yang dikeluarkan sebesar USD 3 miliar.

"Tugas kami adalah memastikan bahwa biaya ini ditanggung oleh Federasi Rusia, yang telah menyebabkan kerusakan yang disengaja pada penerbangan Ukraina dan sektor kargo udara."


(mdk/Lia)

#perang #ukraina #Rusia

Powered by Blogger.