Fakta Mencengangkan Spirit Doll atau Boneka Arwah, Benarkah Bisa Bikin Kaya?

Dirgantaraonline.co.id,- Tren spirit doll atau boneka arwah di Tanah Air belakangan ini sedang ramai diperbincangkan. Hal tersebut dikarenakan sederet selebriti Tanah Air mengadopsi bahkan memperlakukan boneka tersebut seperti bayi sungguhan.


Sebenarnya apa itu spirit doll atau boneka arwah? Dilansir dari berbagai sumber, spirit doll atau boneka arwah merupakan boneka yang digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan ritual keagamaan atau spiritual seperti doa dan meditasi. Boneka arwah bisa berupa patung tokoh suci, leluhur, atau dewa dan dewi.

Namun, belakangan ini spirit doll yang populer dimiliki banyak orang adalah boneka yang menyerupai bayi atau anak. Bahkan ada yang mempekerjakan beberapa orang untuk merawat boneka tersebut layaknya merawat anak.

Berikut beberapa fakta mencengangkan yang  dirangkum tentang spirit doll atau boneka arwah:

1. Spirit Doll Pertama Dibuat oleh Orang-orang Primitif

Dirangkum dari laman Barb Kobe dan Acervo Lima, spirit doll atau boneka arwah pertama kali dibuat oleh orang-orang primitif dengan tujuan keagamaan. Kemudian benda-benda yang digunakan tersebut seperti boneka atau patung diakuisisi oleh beberapa negara untuk tujuan mistik.

Dari situlah, beberapa negara mulai menggunakan boneka arwah sebagai sesuatu yang berkaitan dengan spiritual dengan berbagai tujuan, ada yang menggunakannya sebagai media penghubung dengan dewa dan dewi, dan ada juga yang digunakan untuk balas dendam.

2. Dianggap Mendatangkan Keberuntungan

Sebelum menjadi tren di Indonesia, tren spirit doll lebih dulu ada di Negara Thailand. Sebagian orang di sana menganggap spirit doll dihuni oleh roh yang menawarkan bantuan dan keberuntungan, bahkan mereka membawa boneka-boneka tersebut ke kuil untuk didoakan supaya mendapat berkat.

Di Thailand, boneka ini juga disebut 'luk thep' yang memiliki arti malaikat anak. Karena mereka sudah menganggapnya sebagai anak, maka dari itu mereka menganggap spirit doll atau boneka arwah mendatangkan keberuntungan layaknya keberuntungan ketika mengasuh anak.

3. Dijual dengan Harga yang Fantastis

Spirit doll atau boneka arwah dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Di Indonesia, boneka arwah ditaksir dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah bergantung jenis dan ukuran boneka tersebut. Sedangkan di luar negeri, boneka arwah dijual dengan harga yang bisa mencapai 600 dollar Amerika Serikat.

4. Dipakai Sebagai Pengobatan Mental

Barb Kobe pernah membuat kelas yang diberi nama Medicine Dolls: How to Make Healing Dolls for Yourself, dalam kelasnya tersebut ia meyakini bahwa dengan membuat boneka seseorang dapat terbantu dalam proses penyembuhan secara fisik, emosional, spiritual, dan mental.

Selain membuat boneka, dalam kelasnya peserta juga diminta untuk membuat jurnal. Dengan begitu, kelas tersebut dapat menumbuhkan kreativitas peserta sehingga dapat mempercepat penyembuhan dalam segala aspek.

Itulah beberapa fakta mencengangkan tentang spirit doll atau boneka arwah yang sudah dirangkum. Tentu tren ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Untuk menyikapinya diharapkan semua pihak dapat berperilaku secara dewasa sesuai aturan negara dan agama masing-masing.


(*)

Powered by Blogger.