Dramatis, Miguel Oliviera Juara di MotoGP Austria Usai Insiden Motor Vinales Terbakar

D'On, Austria,- Valentino Rossi mampu finis di posisi 10 besar balapan MotoGP Styria 2020. Pebalap asal Italia itu menempati peringkat ke-9.

MotoGP Styria yang menjadi seri ke-900 kelas premier dilangsungkan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020) malam WIB.

Gelaran GP Styria merupakan seri kelima dari rangkaian jadwal MotoGP 2020. Sebelumnya, seri keempat juga dilaksanakan di tempat yang sama dengan nama GP Austria.

Valentino Rossi yang mengalami kecelakaan pada sesi kualifikasi harus memulai balapan dari urutan ke-14.

Sebelumnya pada MotoGP Austria yang berlangsung penuh drama, pebalap tim Monster Energy Yamaha itu mampu finis kelima meski start dari grid ke-12.

Rossi yang saat ini menduduki peringkat kelima klasemen MotoGP 2020 kategori pebalap dengan koleksi 38 poin melakukan start yang sangat baik pada GP Styria.
Ia langsung menyodok ke urutan ke-9 pada awal lomba. Sementara itu, Jack Miller berada di posisi terdepan.

Memasuki Lap 2, Rossi dibuntuti Brad Binder yang yang sukses mengasapi Iker Lecuona. Binder terus memberikan tekanan kepada pebalap berjulukan The Doctor tersebut.

Binder kemudian menyalip Rossi pada Lap 4. The Doctor pun melorot ke posisi 10.
Joan Mir mengambil alih posisi terdepan dari Miller pada Lap 5, sedangkan Rossi masih tertahan di posisi 10.

Rossi keluar dari 10 besar pada Lap 9 usai disalip Lecuona. Di belakang The Doctor, ada Fabio Quartararo yang mengancam.

Posisi Rossi kian melorot setelah Quartararo menyalipnya pada Lap 12. Pemilik sembilan gelar juara dunia di semua kelas itu pun terlihat mulai kewalahan menghadapi lawan-lawannya.

Sementara itu, di posisi tiga terdepan Takaaki Nakagami sukses menyodok ke posisi dua usai melibas Miller pada Lap 16. Rider LCR Honda itu kini membayangi Mir yang memimpin lomba.

Pada Lap 16, Maverick Vinales terlihat mengalami kerusakan rem sehingga sang rider melompat dari motornya di Tikungan 1.

Motor Vinales kemudian terbakar setelah menabrak air fence. Hal ini membuat red flag berkibar dan balapan dihentikan untuk sementara.

Pada saat balapan di hentikan, Rossi berada di urutan ke-11, di belakang Quartararo.
Ketika balapan dimulai lagi, Rossi mampu merangsek naik ke posisi 8, membuntuti Nakagami yang melorot ke posisi 7. The Doctor mampu mempertahankan posisinya hingga balapan menyisakan tujuh lap.

Namun pada lap berikutnya, Rossi tak mampu menahan serbuan Alex Rins. The Doctor turun ke posisi 9.

Rossi mampu mempertahankan posisinya hingga garis finis. Ia pun menyelesaikan balapan MotoGP Styria di posisi 9.

Adapun, MotoGP Styria 2020 menjadi milik Miguel Oliveira (KTM Tech 3) yang sukses menjadi juara setelah mengalahkan Miller dan Pol Espargaro lewat duel sengit di lap terakhir.

(Alang)

No comments

Powered by Blogger.