Presiden Jokowi Sebut Ada Daerah yang Tak Alami Perubahan Meski Sudah PSBB


D'On, Jakarta,- Presiden Joko Widodo mengungkapkan, ada daerah yang tidak mengalami perubahan setelah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Artinya, tingkat penularan Covid-19 di daerah tersebut tidak mengalami penurunan.

"Ada daerah yang penambahan kasusnya tidak mengalami perubahan, seperti sebelum PSBB. Hal-hal seperti ini perlu digarisbawahi, ada apa, kenapa," ucap Jokowi dalam rapat terbatas melalui telekonferensi, Selasa (12/5/2020).

Jokowi menyebut setiap daerah yang menerapkan PSBB memiliki capaian yang bervariasi. Selain tidak ada perubahan, ada pula daerah yang mengalami penurunan kasus baru Covid-19. Di sisi lain ada pula daerah yang masih fluktuatif kurvanya.

"Berdasarkan data kasus baru sebelum dilakukan PSBB dan sesudahnya memang kalau kita lihat hasilnya bervaiasi dan berbeda-beda di setiap daerah, ini karena pelaksaanannya juga dengan evektivitasnya berbeda," tuturnya.

"Ada daerah yang penambahan kasus barunya mengalami penurunan secara gradual, konsisten tapi tidak drastis. Ada daerah yang penambahan kasusnya turun tapi belum konsisten dan masih fluktuatif," jelasnya.

Jokowi menyebut hingga kini sudah ada empat provinsi dan 72 kabupaten/kota yang menerapkan PSBB. Ada pula daerah yang tidak menerapkan PSBB, tapi menggunakan metode lain yang intinya sama-sama menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Daerah yang menerapkan metode lain tersebut ada yang berhasil menekan angka penularan Covid-19. Oleh sebab itu, Jokowi ingin ada evaluasi mendetail penanganan corona di setiap daerah.

(mond/okezone)

No comments

Powered by Blogger.