Doa Rasulullah Menyongsong Bulan Ramadan untuk Ibadah yang Lebih Berkah


Dirgantaraonline.co.id,- Bulan Ramadan merupakan bulan penuh kemuliaan yang kehadirannya selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, Allah Swt akan melipatgandakan pahala sehingga umat muslim sudah sepantasnya menyambut Ramadan dengan penuh suka cita. Untuk menyambut bulan suci ini, kita harus mempersiapkan diri, baik jasmani maupun rohani, agar ibadah lebih maksimal.

Layaknya kedatangan seorang tamu kehormatan, menyambut datangnya bulan suci Ramadan juga memiliki keutamaan sebagaimana yang dikatakan Nabi dalam salah satu hadisnya.

Dari Abu Hurairah ra ia berkata, "Rasulullah saw memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya tentang kedatangan bulan Ramadan seraya beliau berkata, ‘Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa di dalamnya. Di bulan Ramadan, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad).

Oleh karena itu, Rasulullah mengajarkan pula kepada umat muslim sebuah Doa yang bisa dipanjatkan ketika menyongsong bulan Ramadan.

Dari Abu Ja’far Muhammad bin Ali ia berkata, "Apabila bertemu dengan bulan Ramadhan Nabi Muhammad saw selalu berdoa;

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal ‘afiyatil mujallalati wa difa’il asqami wal ‘aini ‘alash shalati wash shiyami wa tilawatil qur’ani.

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, kesehatan yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk salat, puasa, dan membaca Al-Qur'an."

Itulah Doa menyambut bulan Ramadan, semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan penuh berkah.

Wallahu a'lam.

(Abu Khalil)

No comments

Powered by Blogger.