Tes Cepat Virus Corona Mulai Dilakukan di Jakarta

D'On, Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan bahwa rapid test atau Tes Cepat virus Corona sudah mulai dilakukan pada hari  Jumat (20/3/2020) di Jakarta. Menurut Jokowi, rapid test itu dilakukan untuk mengetahui seseorang positif terinfeksi virus Corona atau tidak.

"Hari ini pemerintah mulai melakukan rapid test sebagai upaya untuk memperoleh indikasi awal apakah seseorang positif terinveksi covid 19 atau tidak," kata Jokowi melalui telekonferensi di Istana Presiden, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah dalam rapid test akan memprioritaskan wilayah yang paling rawan terinfeksi Covid-19 itu di Jakarta Selatan. Ketentuan itu berdasarkan pemetaan sebaran virus Corona yang telah dilakukan sebelumnya.           

"Jadi memang ada prioritas dan kita memprioritaskan wilayah yang menurut hasil pemetaan menunjukkan indikasi yang paling rawan, yakni di Jakarta Selatan," ujar Jokowi.

Rapid test dilakukan kepada orang-orang yang diduga memiliki potensi tertular virus Corona. Petugas kesehatan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan tes tersebut.

Presiden berharap dengan tes ini bisa memutus penyebaran virus asal Kota Wuhan, China itu.

"Rapid test dilakukan sore hari ini di wilayah yang dulu sudah diketahui ada kontak tracking dari pasien-pasien yang positif Covid-19. Sehingga dari situlah didatangi dari rumah ke rumah untuk di tes," ucap Presiden Jokowi.

(mond/akurat)

No comments

Powered by Blogger.