Kapal Selam Cina Semakin Mendekati Kekuatan Kapal Selam AS

D'On, Tiongkok,- “(Kapal selam Cina) pasti mengejar kita,” kata Kapten Chester Parks, komandan pangkalan kapal selam rudal Angkatan Laut AS di Kings Bay, Georgia, awal bulan ini ketika berbicara tentang kapal selam rudal Colombia class generasi terbaru AS, lansir Forbes.

Sebagaimana ditulis analis dari Forbes, Tiongkok memodernisasi kekuatan kapal selamnya dengan sangat cepat. Cina telah memiliki beberapa kapal selam bertenaga nuklir sejak tahun 1970-an tetapi selama bertahun-tahun kapal selam itu dianggap lebih rendah kemampuannya daripada jenis Barat.

Kapal selam serang cepat Tipe-093 ‘Shang’ Class terbaru dan kapal selam rudal balistik Type-094 ‘Jin’ adalah masalah yang berbeda. Kedua tipe kapal selam itu berjumlah lebih banyak dan sangat mungkin jauh lebih kuat. Kapal selam nuklir Cina tidak harus mampu seperti kapal selam barat, tetapi kesenjangan kemampuan kapal selam semakin menipis dari waktu ke waktu.

Keunggulan kapal selam adalah pada dua hal, apakah kapal selam itu silent dan sulit dideteksi, dan kemampuannya untuk mendeteksi kapal selam lain.

Tingkat stealth kapal selam sebagian besar berasal dari jumlah kebisingan yang dihasilkan kapal selam. Tujuannya adalah membuat kapal selam setenang mungkin, biasanya sekitar 90 desibel. Kapal selam Barat hampir 20-30 tahun yang lalu dengan tingkat kebisingan seperti itu. Cina awalnya dipandang sebagai negara tertinggal. Namun menurut perkiraan Angkatan Laut AS yang tidak diklasifikasi, kapal selam Type-093 seri awal mengeluarkan kebisingan sekitar 110 desibel, atau hampir sama dengan kapal selam improved Los Angeles class AS.

Sepuluh tahun yang lalu, kapal selam Tiongkok terbaru dianggap setenang kapal selam Akula class Rusia terbaru. Sejak perkiraan ini diterbitkan pada 2007, Cina telah meluncurkan dua varian kapal selam Type-093 yang lebih baik.

(BDMI/Forbes)

No comments

Powered by Blogger.