Acara Musik Koplo di Lippo Plaza Yogya Berakhir Ricuh,11 Orang Masuk IGD

D'On, Yogyakarta,- Kericuhan terjadi di Mal Lippo Plaza Yogyakarta, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DIY, Minggu (12/6). Bentrok antarpenonton dipicu karena pengunjung membeludak ketika grup musik koplo, Strada, pentas malam itu.


Rekaman video peristiwa itu viral di media sosial. Dalam video itu, terlihat dua kubu bertikai saling lempar batu, balok kayu, papan penunjuk arah, dan benda-benda lainnya.

Kasubbag Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, peristiwa keributan itu terjadi sekitar pukul 20.30 WIB.

"Itu berawal dari konser musik (band) Strada. Kemungkinan dari pihak manajemen tidak mengantisipasi membeludaknya jumlah penonton," kata Timbul di Mapolresta Yogyakarta, Senin (13/6).

Keributan itu sendiri, menurut Timbul, bisa ditangani dalam waktu sekitar 30 menit oleh petugas Polsek Gondokusuman. Dia belum bisa memastikan apakah kericuhan merembet ke lokasi lain atau tidak.

"Untuk acara tersebut belum mengantongi izin dari aparat terkait, khususnya kepolisian," katanya.

Senada, Kapolsek Gondokusuman Kompol Surahman juga menyatakan bahwa acara itu tidak memiliki izin berdasarkan pemeriksaan jajarannya terhadap pihak penyelenggara acara.

"Dari hasil interogasi bahwa penyelenggara tidak ada pemberitahuan baik secara lisan maupun tulisan, karena setiap kegiatan masyarakat yang mengundang massa 500 orang lebih untuk pemberitahuan baik Polsek maupun Polresta," kata Surahman via WhatsApp.

Hangga Bagaswara, selaku Manajer Operasional Expo Productions atau penyelenggara acara pertunjukan musik di Lippo Plaza menyebut bentrok melibatkan para penonton dari dalam dan luar lokasi acara.

Menurut Hangga, keributan terjadi tepatnya di area parkir Lippo Plaza Yogyakarta.

"Untuk sementara, kami masih berfokus pada pembersihan area dan penanganan korban dan klarifikasi kronologi ke kepolisian," kata Hangga saat dihubungi, Senin.

"Korban cuma luka, dari pengunjung. Untuk sementara terakhir saya diinfokan 11 masuk IGD Siloam," sambungnya.

Sementara untuk jenis kerusakan, berupa jebolnya pintu gerbang menuju lokasi acara. Estimasi kerugian keseluruhan belum dikalkulasi.

"Kalau pintu kaca dan lain-lain aman," pungkasnya.

(kum/pmg)


#MusikKoplo #Kericuhan #Peristiwa #LippoPlazaYogya

Powered by Blogger.