Breaking News

Mahfud MD Sebut Ritual Kendi Jokowi di IKN Bentuk Keberagaman

D'On, Jakarta,- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengungkapkan tanah dan air yang akan dibawa oleh para gubernur ke calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur melambangkan kebersatuan dan keberagaman.


Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan acara Ramah Taman Gubernur dan Forkopimda Provinsi Bengkulu, di Balai Semarak, Sabtu (12/3) kemarin.

"Inilah tanah, air kita. Indonesia, Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbolik apa yang muncul dari itu? Keberagaman," kata Mahfud dalam keterangan resminya, Minggu (13/3).

Karenanya, Mahfud mengajak masyarakat untuk menjaga tanah air Indonesia karena terdapat keberagaman di dalamnya.

Ia menjelaskan dua kilogram tanah dan satu liter air yang akan dibawa oleh masing-masing gubernur nantinya akan dimasukkan ke dalam Kendi Nusantara. Tanah dan air itu sudah mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.

"Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana," kata Mahfud.

Selain itu, Mahfud mengatakan prosesi ini akan menjadi cerita yang sangat menarik dalam 100 tahun mendatang.

"Bagaimana kita berupacara melalui adat, kenegaraan dan keagamaan, digabung di situ, untuk masuk ke ibu kota baru," ucap dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke IKN Nusantara selama tiga hari mulai dari 13-15 Maret 2022. Jokowi akan berkemah di titik nol yang menjadi lokasi dibangunnya Istana Negara.

Pada Senin mendatang (14/3), tanah dan air yang dibawa para gubernur akan digunakan dalam ritual adat bersama Jokowi dengan menuangkannya ke dalam Kendi Nusantara. Sebuah wadah besar yang terbuat dari tembaga.


(rzr/DAL)


#RitualKendi #Keberagaman #MahfudMD