Rizieq Kabur dari Sidang, DS: Memang Begitu Jalan Ninjanya

D'On, Jakarta,- Sidang kasus kerumunan Petamburan dan RS Ummi Bogor, dengan Habib Rizieq sebagai terdakwa pada Selasa (16/3) menjadi perhatian. Pasalnya, terdakwa Habib Rizieq kabur alias lari dari ruang sidang.

Atas kejadian ini, sejumlah pihak pun berkomentar. Salah satunya adalah orang yang acap membela Jokowi, yang merupakan pegiat media sosial, Denny Siregar.

Dalam tulisannya, Denny Siregar mengatakan bahwa eks pentolan FPI itu selalu istiqomah pada profesinya. Tak cuma itu, Denny juga menuliskan bahwa kabur selalu menjadi jalan bagi Habib Rizieq.

“Beliau ini memang istiqomah pada profesinya… Kabur adalah jalan ninjanya,” tulis Denny Siregar dilansir dari akun Twitter miliknya, Rabu 17 Maret 2021.

Tak cuma Denny Siregar yang komentar terkait kaburnya Habib Rizieq dari sidang, Gun Romli pun juga menuliskan reaksinya melihat pemberitaan Habib Rizieq kabur.

Dalam tulisannya, ia mengatakan bahwa Habib Rizieq adalah orang spesialis kabur.

Spesialis kabur. Rizieq Syihab Kabur dari Sidang, Majelis Hakim Marahi Jaksa Penuntut Umum,” tulis Gun Romli sambil menyematkan emoji tertawa.

Habib Rizieq kabur dari sidang

Sebelumnya diwartakan bahwa Habib Rizieq kabur alias lari dari persidangan terkait kasus kerumunan Petamburan dan RS Ummi Bogor pada Selasa (16/3) kemarin.

Atas hal ini, Jaksa Penuntut Umum lantas kena semprot dari Hakim. JPU, yang mendapat pertanyaan dari hakim terkait alasan Habib Rizieq tak bisa dihadirkan ke persidangan setelah aksi walk-out yang dilakukan bersama penasehat hukumnya, kesulitan menjawabnya.

Awalnya Jaksa penuntut umum yakin bisa menghadirkan kembali Habib Rizieq yang WO saat sidang masih berlangsung. Namun setelah ditunggu beberapa waktu, Hakim Ketua sidang meminta berapa lama waktu untuk menghadirkan terdakwa Habib Rizieq.

Tak bisa berkoordinasi dan memastikan kehadiran terdakwa Habib Rizieq untuk kembali ke persidangan secara virtual yang dilakukan di ruang Bareskrim Mabes Polri, Jaksa penuntut umum diminta memberi alasannya.

“Mengapa terdakwah Habib Rizieq sekarang tak berada di tempat? Kan sama kalau sidangnya di sini (offline). Emang boleh dia pergi? Lho kok ini pergi? Analoginya sama saja (dengan sidang normal) Mosok terdakwanya nggak ada, apa alasannya coba, jawab,” kata majelis ke penuntut umum.

Saat Hakim bertanya kepada JPU, jawaban cukup mencengangkan diungkap Jaksa yang bertanya kepada rekannya yang terlihat sedang berusaha berkoordinasi dengan petugas Jaksa yang berada di Bareskrim.

“Info sementara majelis, yang bersangkutan lari dari ruang sidang dan petugas tak mengantisipasi,” jawab penuntut umum.

Sebelum kabur dari sidang, Habib Rizieq melakukan protes lantaran ia disidang secara virtual. HRS menginginkan dirinya dihadirkan langsung di PN Jakarta Timur untuk menjalani sidang. Menurut Habib Rizieq, sidang virtual merugikan dirinya, serta secara teknis tidak berjalan dengan maksimal.


(Hops)

Powered by Blogger.