Masjid Bersejarah di Afrika Selatan Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

D'On, Durban (Afrika Selatan),- Sebuah masjid bersejarah di kota Durban, Afrika Selatan yang sudah berusia 139 tahun mengalami kebakaran dahsyat pada Senin (24/8/2020), tidak ada korban jiwa.

Menyadur Al Jazeera, Selasa (22/8/2020), Masjid Grey Street, salah satu masjid terbesar di Afrika Selatan, mengalami kebakaran pada Senin, penyebab insiden tersebut belum diketahui.

Namun Faisal Suliman, ketua Jaringan Muslim Afrika Selatan, mengatakan insiden tersebut dimulai di salah satu dari tujuh flat staf yang terletak di atas masjid dan mungkin disebabkan oleh gangguan listrik.
"Itu dianggap tidak disengaja, dan tidak ada permainan curang," kata Suliman kepada kantor berita AFP.

Tidak ada laporan korban jiwa yang dilaporkan saat insiden di salah satu masjid yang terletak di Jalan Dr Yusuf Dadoo tersebut.

Petugas pemadam kebakaran setempat berhasil mengendalikan api dalam waktu sekitar dua jam.

Juru bicara layanan darurat Robert Mckenzie mengatakan kepada AFP bahwa api juga merusak tiga bangunan di sekitarnya.

Dikutip Independet Online, Garrith Jamieson, juru bicara Redline Response Paramedics mengatakan, masjid tersebut terbakar pada saat petugas pemadam kebakaran berkeliling.

"Paramedis bersama dengan pemadam kebakaran Durban datang ke lokasi, sementara petugas pemadam kebakaran sedang memerangi kobaran api. Paramedis berada di tempat kejadian menangani laporan bahwa ada beberapa orang yang menghirup asap." ujar Garrith Jamieson.

Video saat kebakaran masjid Jumuuah tersebut juga sempat viral di media sosial Twitter. Dalam salah satu unggahan menampikan sejumlah orang berkumpul saat si jago merah melahap masjid.

Dalam video tersebut juga terlihat api mengamuk melalui lantai atas gedung dua lantai di distrik pusat bisnis Afrika Selatan tersebut.

Sejumlah warganet menuliskan komentarnya untuk mengungkapkan kesedihan tentang kebakaran di bangunan bersejarah, yang dapat menampung hingga 7.000 jemaah.

"#GreyStreetMosque #JumaMasjid  hatiku hancur sekarang." tulis akun @lilithlakshmi yang juga memposting insiden kebakaran.

Masjid tersebut merupakan landmark pusat kota Durban dan rumah ibadah yang dihadiri ribuan orang setiap pelaksaan salat Jumat.

Tempat tersebut ini juga dikunjungi oleh tokoh-tokoh terkemuka termasuk Nelson Mandela, penyanyi Inggris Yusuf Islam, yang sebelumnya dikenal sebagai Cat Stevens, dan superstar tinju Muhammad Ali.

Sumber: suara.com 

No comments

Powered by Blogger.