Penuh Drama, Quartararo Menang Usai Marquez Crash dan Rossi Menepi


D'On, Spanyol,- Menyuguhkan sejumlah drama, balapan MotoGP Spanyol 2020 diakhiri dengan kemenangan perdana pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Fabio Quartararo, berhasil mengamankan kemenangan pertamanya di kelas tertinggi setelah tampil impresif pada balapan tersebut .

Fabio Quartararo berhasil mengamankan kemenangan pada sesi balapan MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Dalam balapan yang berlangsung selama 25 putaran itu Fabio Quartararo berhasil menyelesaikan balapan tersebut dengan catatan waktu 41 menit 23,796 detik.
(Monster Energy Yamaha), sementara podium ketiga direbut oleh Andrea Dovizioso (Ducati).

Dua pembalap ternama MotoGP, Marc Marquez (Repsol Honda) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) harus menelan hasil minor lantaran gagal finis.

Jalannya sesi balapan MotoGP Spanyol 2020

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales langsung mengambil alih posisi terdepan dari tangan Fabio Quartararo saat bendera start berkibar.

Marc Marquez langsung menguntit tepat di belakang Vinales di urutan kedua sementara pole sitter MotoGP Spanyol 2020 yakni Fabio Quartararo berada di urutan keempat.

Berselang satu putaran kemudian, posisi Fabio Quartararo diambil oleh Francesco Bagnaia dari tim Pramac yang sebelumnya menempatkan Jack Miller di urutan ketiga.

Memasuki putaran kedua, duel sengit terjadi antara Vinales dan Marc Marquez untuk merebutkan satu tempat terdepan, dan di sisi lain, Quartararo mengambil alih posisi keempat dari tangan Bagnaia.

Setelah sempat memimpin, Marc Marquez sempat kehilangan kendali laju motornya dan meluncur ke area gravel tepat di tikungan 4 tatkala balapan memasuki putaran keempat.

Meski demikian, rider berjuluk The Baby Alien tersebut masih mampu melanjutkan balapan, sementara Maverick Vinales kini mengisi posisi terdepan.

Hingga balapan menyisakan 20 putaran, Maverick Vinales masih memimpin jalannya balapan dengan ditempel ketat oleh Fabio Quartararo dan Jack miller di urutan kedua dan ketiga.

Sementara itu pembalap Ducati, Andrea Dovizioso masih berusaha memacu motornya untuk mengejar Francesco Bagnaia di urutan keempat.

Maverick Vinales perlahan-lahan terlihat kesulitan dengan kompon soft yang dia pakai usai tersalip Fabio Quartararo dan Jack Miller saat balapan memasuki putaran kesembilan.

Di barisan belakang, Marc Marquez perlahan-lahan mampu memperbaiki posisinya di urutan ke-11 setelah berhasil menyusul rider KTM Tech3, Iker Lecuona.

Berselang beberapa putaran kemudian, Marc Marquez kian mendekati posisi pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi yang berada di urutan kedelapan.

Dan benar saja, tatkala balapan menyisakan 13 putaran, Marc Marquez berhasil mengambil alih posisi Valentino Rossi.

Pada 11 putaran tersisa, Andrea Dovizioso memperbaiki posisinya setelah mendahului Francesco Bagnaia di urutan keempat.
Valentino Rossi perlahan-lahan juga mengalami penurunan dengan kini berada di urutan ke-10 usai disusul oleh rekan satu tim Iker Lecuona, Miguel Oliveira.

Hingga 10 putaran tersisa, Fabio Quartararo masih berada di urutan pertama sementara Jack Miller terus mengejarnya di urutan kedua, Maverick Vinales menggenapi posisi tiga besar.

Marc Marquez perlahan menebar ancamannya tatkala berhasil menduduki posisi keenam dan semakin dekat dengan Pol Espargaro dari tim Red Bull KTM di urutan kelima.

Tujuh lap tersisa, Valentino Rossi harus mengakhiri balapan lebih awal karena ada sebuah masalah teknis dengan motornya.
Sementara itu, Marc Marquez berhasil menduduki posisi ketiga tatkala balapan menyisakan lima menit terakhir.

Namun, upaya Marc Marquez harus terhenti setelah dia mengalami crash di tikungan 3 tatkala balapan memasuki putaran ke-22.

Hingga memasuki putaran terakhir, Fabio Quartararo berhasil mengamankan kemenangan pertamanya, sementara Maverick Vinales berhasil mengamankan posisi kedua, sedangkan posisi ketiga ditempati Andrea Dovizioso.

(alang)

No comments

Powered by Blogger.