Breaking News

WHO Sebut Ada Negara yang Telah Temukan Vaksin Covid-19 Namun Ditimbun, AS Salahsatunya


D'On Amerika Serikat,- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menduga sejumlah negara sudah menemukan vaksin COVID-19 namun tidak diedarkan tetapi ditimbun. 

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menegaskan vaksin untuk virus corona ini harus tersedia sebagai barang publik global, semua orang harus mendapat akses yang sama atas produk penyelamat nyawa yang sedang dikembangkan itu.

"Banyak pemimpin mempromosikan gagasan pembuatan vaksin apa pun sebagai barang publik global, tetapi itu harus terus dipromosikan," katanya seperti dikutip Antara, Sabtu, (13/6).

Menurutnya Tedros lebih banyak pemimpin harusnya bergabung dengan upaya tersebut dan perlu memiliki komitmen politik global yang sungguh-sungguh serta konsensus global bahkan sebelum kita mempunyai produk tersebut.
"Itulah yang sedang kami dorong," tegas Tedros.

Sebelumnya muncul kekhawatiran bahwa sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat, bisa saja menimbun vaksin atau obat apa pun yang mereka kembangkan untuk melawan COVID-19 sementara negara miskin tidak mendapat akses ke pengobatan yang mereka butuhkan.

(mond/LJC)