Viral! Pria Asia Pukul KO Pria Bule Rasis, Warganet Duga Orang Indonesia

D'On, San Diego (AS),- Baru-baru ini viral sebuah video seorang pria berperawakan Asia menghajar pria kulit putih. Ada beberapa akun yang mengunggah video ini. Salah satunya adalah akun YouTube 'Jun Souljah' yang memberinya judul 'Pria Asia berkelahi dengan orang Rasis di San Diego'.

Dari video tersebut tampak seorang pria 'Bule' beradu mulut dengan seseorang berperawakan Asia yang memakai baju hitam. Bule itu lantas menyerangnya, tetapi si pria Asia tampak enggan meladeninya. Karena si Bule tak berhenti juga, akhirnya si pria Asia membela diri. Tak disangka tinjunya berhasil membuat pria yang disebut-sebut Rasis itu KO.

Video ini juga dibagikan di Twitter oleh akun Henri Subiakto, seorang guru besar Komunikasi Universitas Airlangga. Dalam unggahannya, ia memberi narasi bahwa si pria Asia merupakan mahasiswa Amerika Serikat (AS) yang diserang mahasiswa kulit putih.

"Si Bule tidak nyangka kalau anak Indonesia itu sejak SMA sudah terbiasa tawuran," tulisnya.

Tak ayal unggahan ini dibanjiri komentar warganet. Sebagian meragukan ia orang Indonesia, tetapi tetap kagum dengan caranya membela diri.

"Apa benar itu orang Indonesia? Apapun itu keren dan sportif banget," puji Sudiyanto204573.

"Di media lain menyebut itu warga China dibully sama warga kulit putih AS," komentar SalmaBrecht.

Meski begitu, tak sedikit yang yakin pria tersebut memang orang Indonesia.

"Dengarkan 'nggak bisa diem nih orang' di akhir video. Dia dari Indonesia," tulis ubirebusungu.

Sejumlah warganet Indonesia lainnya pun mengiyakan mendengar kalimat berbahasa Indonesia itu.

Belum diketahui pasti kebenaran video itu, termasuk kebenaran perlakuan rasisme, tempat kejadian di San Diego, maupun soal pria tersebut merupakan orang Indonesia. Akun pemeriksa hoaks, HoaxEye, juga mengaku belum menemukan sumber terpercaya untuk memverifikasi video tersebut.

Meski begitu, video ini telah mengundang decak kagum warganet di seluruh dunia.

"Ia langsung menjatuhkan pria itu, tetapi membantunya bangkit lagi. Luar biasa. Tak ingin berkelahi, tetapi merampungkannya dengan 'bersih'," puji wadetoofafe dalam unggahan yang dibagikan Hustle_NBA di Twitter.

"Ia bahkan sampai minta maaf," tambah akun Maggie40902385.

(mond/akurat)

No comments

Powered by Blogger.