Breaking News

Jokowi: Beruntung Pemerintah Pilih PSBB, Bukan Lockdown


D'On, Jakarta,- Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali mengingatkan masyarakat agar disiplin mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Sudah beruntung sejak awal pemerintah memilih kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, bukan karantina wilayah atau lockdown," kata Jokowi dalam video yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Kamis, 7 Mei 2020.

Dengan PSBB, kata Jokowi,masyarakat masih bisa beraktivitas meski dibatasi. "Jadi, masyarakat juga harus sadar membatasi diri, tidak boleh berkumpul dalam skala besar," ujar dia. 

Namun, kenyataannya, kata Jokowi, masih banyak masyarakat tak patuh menjalankan protokol tersebut. "Saya melihat di beberapa daerah dari informasi yang saya terima, jalannya sepi tetapi di kampungnya masih berkerumun ramai, di kampungnya masih banyak yang bergerombol ramai," ujar Jokowi.

Padahal, Jokowi mengingatkan masyarakat harus mengurangi interaksi fisik. "Saya juga melihat, masih banyak masyarakat yang keluar rumah tidak memakai masker," katanya.

Presiden menegaskan, upaya penanganan penyebaran Covid-19 membutuhkan kerja sama dan kedisiplinan dari masyarakat. Sehingga, aparat bisa bekerja secara tepat dan terukur.

(mond/tempo)