Doa Nabi Sulaiman yang Sering Dibaca Ummat Muslim untuk Kelancaran Rejeki


Dirgantaraonline.co.id,- Kisah Nabi Sulaiman telah banyak dijelaskan dalam Alquran maupun hadits. Sebagai manusia pilihan, Allah memberikan Nabi Sulaiman mukjizat antara lain mampu berbicara dengan binatang, mampu menundukkan angin, memiliki bala tentara dari kalangan jin, dan memiliki kekayaan berlimpah.

Dari garis keturunan, Nabi Sulaiman merupakan putra Nabi Daud yang mewarisi tahta kerajaan. Namanya terkenal sebagai Nabi sekaligus Raja terkaya yang pernah ada di muka bumi. Konon, Nabi Sulaiman memiliki kerajaan yang begitu megah. Banyak benda-benda dengan nilai seni tinggi yang ada didalamnya. Pintunya terbuat dari kayu zaitun dan cemara. Pada setiap dindingnya tertempel batu mulia. Lantainya pun terbuat dari kaca yang sangat jernih hingga orang yang melihatnya akan mengira bahwa itu adalah air.

Meski begitu, Nabi Sulaiman selalu taat kepada Allah. Dalam setiap kesempatan, Nabi Sulaiman juga senantiasa berdakwah menyerukan perintah Allah. Ketika menginginkan sesuatu, Nabi Sulaiman selalu berdoa. Setelah permohonannya dikabulkan, Nabi Sulaiman tak lupa bersyukur dan tetap istiqomah di jalan Allah.

Berangkat dari kisah keteladanan itulah, umat muslim turut memanjatkan doa yang sama seperti Nabi Sulaiman. Karena itulah, doa ini kenal sebagai doa Nabi Sulaiman. Isi dari doa tersebut ada yang memohon kelancaran rezeki, ada doa untuk mengungkapkan rasa syukur dan masih banyak lagi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa Do'a Nabi Sulaiman:

Doa meminta kelancaran rezeki.

Dalam Alquran, Nabi Sulaiman dijelaskan pernah meminta tiga permohonan pada Allah SWT, salah satunya adalah meminta agar tidak ada seorang pun sesudahnya yang memiliki kerajaan seperti dirinya. 

Nah, doa ini pun sering dijadikan amalan untuk meminta kelancaran rezeki. Lafadz doanya diambil dari surah Shaad ayat 35.

"Rabbighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka antal wahhaab."

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jugapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi."

Selain itu ada pula wirid dan doa Nabi Sulaiman untuk meminta kekayaan dan kecukupan.

"Wa annahu huwa aghnaa wa aqnaa" dibaca 313x.

Artinya: "Dan sesungguhnyna Dia yang memberikan kekayaan dan kecukupan."

Doa menundukkan jin dan hewan.

Nabi Sulaiman juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan hewan dan menundukkan jin. Katika hendak menundukan mereka, Nabi Sulaiman berdoa sebagai mana pada surah An Naml ayat 30 dan 31.

"Bismilaahir rahmoonir rohiim. Allaa ta’luu ‘alayya wa'tuunii muslimiin."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku, dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri."

Doa bersyukur atas nikmat Allah.

Telah banyak nikmat yang telah Allah berikan pada setiap hambanya. Karena itulah, kamu tak boleh lupa bersyukur. Selain sebagai bentuk ketaatan pada Allah, bersyukur juga menghindarkan seseorang dari sifat tamak dan serakah. Nah, bacaan doa bersyukur diambil dari surah An Naml ayat 15.

"Alhamdulillahil ladzii fadhdhalanaa alaa kasyiirim min ibaadihil mu'miniina."

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba hambaNya yang beriman."

Dan surah An Naml ayat 19.

"Rabbi awzi'nii an asykura ni'mataka latii an'amta 'alayya wa'alaa waalidayya wa-an a'mala shaalihan tardaahu wa-adkhilnii birahmatika fii 'ibaadika shshaalihiin."

Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

Doa sebelum sholat.

Sholat sebaiknya dilakukan dengan kusyu'. Artinya setiap muslim benar-benar tenang dan fokus untuk beribadah. Meskipun bergitu, sering kali ada hal-hal lain yang kadang sepintas datang dalam pikiran atau hal yang mungkin mengganggu kekusyu'an dalam sholat. Untuk itulah sebelum sholat, kita bisa membaca doa berikut.

"Allahumma inni a'dzubika minasy syaithoni min hamazihi wa nafkhihi wa naftsihi."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari setan, dari kesombongannya, tiupannya dan hembusannya."

Doa selamat dari musibah.

Tak ada orang yang ingin menerima musibah. Karena itulah, berdoa menjadi salah satu cara untuk meminta perlindungan pada Allah SWT. Salah satu pilihan doa selamat dari musibah antara lain sebagai berikut.

Rabbi a'udzubika min hamazatisy syayathini wa a'udzubika rabbi ay yahdlurun.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada Engkau yang Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku."

(Abu Khalil)

No comments

Powered by Blogger.