Arus Balik Lebaran, Kendaraan Masuk Padang Membludak

D'On, Padang,- Berlebaran meski di tengah masa pandemi Covid-19 sepertinya menjadi tradisi yang tak berkesudahan. Buktinya, arus kendaraan keluar daerah tidak putus-putus. Begitu juga arus balik di hari terakhir libur lebaran, Senin (25/5/2020).

Pantauan Diskominfo Kota Padang, Senin malam, arus kendaraan masuk Padang di empat titik posko perbatasan terlihat mengular.  Seperti di posko perbatasan Anak Aie, Kayu Kalek, Bungus, serta di Lubuak Paraku.  Bahkan di posko Lubuak Paraku, petugas terlihat sedikit kewalahan karena banyaknya kendaraan yang masuk. 

"Malam ini lebih ramai dibanding pagi hingga sore tadi," sebut Wadanpos Lubuak Paraku, Rita Sumarni, Senin malam. 

Tiga lapis kendaraan nampak antre di depan Posko Lubuak Paraku. Saling menunggu antrean untuk diperiksa. Seluruh petugas bekerja melayani tanpa henti. 

"Dari pagi hingga malam ini sekitar 462 kendaraan masuk Padang, ditenggarai kendaraan tersebut baru saja balik berlebaran ke luar kota," ujar Rita Sumarni. 

Rita memaparkan, di hari biasa saat puasa, jumlah kendaraan yang masuk Padang tidak sampai sebanyak itu. Sekitar dua ratusan kendaraan saja. 

"Ada empat kendaraan yang kita suruh putar balik pagi tadi.  Pemilik kendaraan tidak memiliki KTP Padang dan surat tugas dari tempat kerja," jelas Rita. 

Tidak saja di Lubuak Paraku, di posko perbatasan lain juga mengalami hal serupa. Arus balik lebaran membuat petugas posko bekerja ekstra tanpa kenal lelah.

(Charlie Ch. Legi/diskominfo)

No comments

Powered by Blogger.