RSPI Sulianti Suroso tak Lagi Terima Pasien Rujukan Virus Corona


D'On, Jakarta,- Dirut RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan saat ini pasien dalam pemantauan terkait virus corona dipindahkan ke rumah sakit rujukan lainnya. Sebab, kata dia, saat ini RSPI sudah penuh.

Menurut dia, di DKI sudah punya 8 RS rujukan. Beberapa rumah sakit rujukan lainnya adalah RS Persahabatan, RSPAD Gatot Soebroto, RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, RSAL Mintohardjo, RS Polri Sukanto, dan RS Fatmawati.

"Jangan kesannya rumah sakit ini menolak pasien, tapi karena RS ini penuh," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/3).

Saat ini ada 9 pasien yang tengah dipantau terkait virus corona. Mereka adalah orang yang kontak dengan pasien yang positif terinfeksi vitus corona.

"Kemarin pasien ada 9 dan siang hari masuk 1, tadi malam masuk 1, semua close contact, kemudian ada pulang 1, karena dinyatakan sembuh. Lalu ada satu pindah ke ruangan, tidak perlu diisolasi. Jadi hari ini jumlahnya 9," kata Syahril.

Hanya ada satu pasien yang saat ini kondisinya kurang baik. Pasien berusia 65 tahun itu sudah dirawat di RS swasta selama satu minggu sebelum akhirnya dirujuk ke RSPI Sulianti Suroso.

"Tetapi dari 8 yang ada semua stabil," kata dia.

Kesembilan pasien ini, kata Syahril, terus dilakukan pemantauan dan akan diperiksa terkait corona pada hari kelima. Pemeriksaan corona, kata dia, akan dilakukan dua kali. Jika hasilnya negatif, kata dia, pasien akan segera dipulangkan.

Ia juga meminta rumah sakit swasta untuk tidak selalu mengirimkan pasien terduga corona ke RSPI Sulianti Saroso, karena saat ini kondisinya sudah penuh.
"Jadi mohon disampaikan kalau ada RS swasta yang ingin dirujuk dan disini penuh. Tetapi kalau nanti ada pasien disini pulang dan ada yang kosong bisa lagi masuk sini," tutupnya. 

(MP)

No comments

Powered by Blogger.