Setahun Hilang Bersama 44 Awak Kapal, Akhirnya ARA San Juan Diketemukan

D'On, Buenos Aires (Argentina),– Pihak Angkatan Laut Argentina berhasil menemukan bangkai kapal selam milik Argentina yang hilang bersama 44 orang di dalamnya setahun lalu.

Diketahui bahwa Kapal selam ARA San Juan menghilang di titik 430 kilometer lepas pantai Argentina pada 15 November 2017.

Pihak angkatan laut menghentikan misi pencarian dan penyelamatan dua pekan setelah kapal selam itu menghilang.

Akhirnya setahun dan sehari setelah menghilang, kapal selam itu ditemukan 800 meter di bawah permukaan Samudera Atlantik. Berdasarkan informasi dari Angkatan Laut Argentina, lewat akun Twitternya, lokasi ARA San Juan teridentifikasi oleh sebuah perusahaan milik Amerika Serikat.

Dari laporan Angkatan laut, bahwa sebelumnya berbagi foto dasar laut, menunjukkan objek sepanjang 60 meter, yang mungkin adalah kapal selam yang hilang setahun yang lalu.

Diketemukan kapal selam ini membuat sejumlah kerabat awak kapal yang hilang berkumpul awal pekan ini, untuk mengenang orang-orang terkasih yang terjebak di ARA San Juan. Sementara, Presiden Argentina Mauricio Macri akan mencari bahtera tersebut hingga ketemu dan mengangkatnya dari dasar laut.

ARA San Juan dinyatakan hilang saat kembali dari misi rutin Ushuaia, dekat ujung Amerika Selatan. Tiba-tiba, para awak melaporkan kondisi “kerusakan listrik”.

Menurut komandan angkatan laut, Gabriel Galeazzi, kapal selam itu muncul dan melaporkan apa yang digambarkan sebagai “korsleting” dalam baterai kapal.

Kapal selam diperintahkan untuk segera menghentikan misinya dan kembali ke pangkalan angkatan laut di Mar del Plata.

Kontak terakhir antara angkatan laut Argentina dan ARA San Juan dilakukan sekitar pukul 07.30 waktu setempat, 15 November 2017, di titik di mana kapten kapal melaporkan para awak dalam kondisi baik. (mond)

No comments

Powered by Blogger.