Breaking News

Irwan Basir: Lomba Mars Dasawisma Menjaga Kearifan Lokal

D'On, Padang (Sumbar),- Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam yang juga tokoh masyarakat Kuranji, membuka lomba Mars Dasawisma dan stand UMKM ibu-ibu PKK se-Kelurahan Kuranji, Kota Padang, Rabu (1/6/2022) yang berlangsung di Aula serba guna Kuranji.


Ketua DPD LPM Kota Padang tersebut, mendukung dan mengapresiasi kegiatan lomba yang diselenggarakan ini. Dimana setiap RT/RW ikut berpartisipasi dalam kegiatan kali ini.

Dikatakan Irwan Basir, kegiatan yang besar dengan pembiayaan dari ibu-ibu PKK, RT/RW mampu mengemas dan melaksanakan dwi fungsi, tidak hanya pemerintahan. Akan tetapi, juga mampu melakukan pembinaan kearah yang produktif yang bernilai ekonomi.

"Atas terselenggaranya kegiatan ini, kompensasinya kita berikan spesial kepada RT/RW serta seluruh perangkatnya yang ada di Kelurahan Kuranji. Kegiatan ini salah satu pemberdayaan kearifan lokal yang bernilai positif," ujar Ketua MPA Nagari Pauh IX.

Dengan adanya lomba ini bisa memupuk jiwa kebersamaan, rasa kesetiakawanan sosial dan mencintai produk olahan lokal atau karya sendiri, bahan bakunya dari sampah rumah tangga, ujar Irwan Basir menambahkan.

Kemudian, kegiatan lomba ini bertujuan sebagai wadah silaturahmi dan memupuk rasa kebersamaan, kekompakan antara ibu RT/RW dengan warga. Artinya, bagaimana bisa ibu-ibu bisa berkolaborasi  dalam melahirkan ide-ide kreatif yang bernilai ekonomi, tukasnya.

Terkait biaya sewa aula tersebut. Ia berjanji akan merevisi regulasi peminjaman, bahkan akan memberikan pemotongan biaya harga sewa, ujar Penghulu Kaum Jambak ini.

"Khusus bagi warga yang kurang mampu, namun menyewa gedung ini untuk acara pesta, silahkan saja. Karena, gedung ini dibangun diperuntukan bagi warga masyarakat Kuranji," tegas beliau.

Irwan Basir juga memberikan bantuan uang tunai kepada panitia pelaksana lomba dan memberikan bonus tour wisata keliling Sumbar secara gratis bagi peraih juara I.

(*)


#IrwanBasir #DPDLPM #Padang #Sumbar