Hadapi Vietnam Dilaga Perdana SEA Games, Timnas U-23 Tak Gentar Hadapi Teror Tuan Rumah

D'On, Vietnam,-  Pelatih Timnas Indonesia U-24, Shin Tae Yong, tak gentar dengan teror suporter tuan rumah saat bentrok dengan Vietnam dalam laga pertama SEA Games 2021 (SEA Games 2022), Jumat (6/5).


Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho. Tiket pertandingan di stadion berkapasitas 16.000 tempat duduk ini telah ludes sejak Selasa (3/5).

Ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi tim tuan rumah. Apalagi pemain Indonesia sudah lama tak merasakan atmosfer yang dihadirkan suporter di stadion sejak pandemi Covid-19.

"Vietnam bertanding di rumahnya sehingga ini menguntungkan, tetapi ini pertandingan sepak bola," kata Shin saat jumpa pers sebelum pertandingan di Phu Tho pada Kamis (5/5).

"Kalau kami bekerja keras dan berjuang maksimal, kami akan memiliki keberuntungan juga. Jadi, kalau ada kerugian, kami akan manfaatkan menjadi keuntungan," ujarnya.

Sejak menangani Timnas Indonesia pada awal 2020, Shin belum pernah merasakan atmosfer pertandingan dengan penonton. Bahkan laga uji coba Timnas Indonesia di dalam negeri pun tanpa penonton.

Dari seluruh pertandingan yang telah dilakoni Shin bersama Indonesia, dua di antaranya berhadapan dengan Vietnam. Hasilnya Indonesia gagal meraih kemenangan.

Pertama dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan kedua di Piala AFF 2020 (2021). Pertemuan pertama berakhir dengan skor telak 0-4, sedangkan di laga kedua imbang tanpa gol.

Karenanya Shin bertekad meraih kemenangan perdananya bersama Indonesia atas Vietnam. Kans itu sangat terbuka lebar, sebab Vietnam U-23 bukanlah tim yang dihadapi dalam dua laga sebelumnya.

"Saya mengakui Vietnam [dua laga sebelumnya] di atas kami. Apa yang terjadi harus diakui, tetapi performa pemain Indonesia semakin meningkat dan mulai ada pemain-pemain yang berkarier di luar negeri."

"Jadi, dua tahun mendatang bisa bertanding lebih baik melawan Vietnam. Dalam dua pertandingan terakhir memang kami kalah, tetapi belum tentu untuk pertandingan kali ini [SEA Games]," ujar Shin.


(nva/rhr)

#Sepakbola #Olahraga #TimnasU-23 #SeaGames

Powered by Blogger.