Presiden Jokowi Resmikan Rusun Manggarai Berkonsep Mixed Use Development

D'On, Jakarta,- Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput di Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (20/9/2021). 

Presiden Jokowi menyampaikan Rusun Pasar Rumput memiliki keistimewaan dibangun dengan konsep mixed use development yang bagian bawahnya digunakan sebagai tempat berdagang (pasar) dan di bagian atas digunakan sebagai tempat hunian berserta fasilitas pendukungnya, sehingga memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi seperti dagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya.


Rusun Pasar Rumput yang diperuntukan untuk mendukung penyediaan rumah layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di kawasan Ibukota Jakarta ini berlokasi tidak jauh dari Terminal Manggarai. Selain itu juga memiliki keistimewaan dukungan jalur transportasi darat yang sangat baik, sehingga memudahkan penghuni melakukan mobilisasi dengan menggunakan sarana transportasi. "Keberadaan rusun ini semoga juga dapat meringankan beban masyarakat khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau serta membantu untuk memfasilitasi kegiatan produktif masyarakat," tutur Presiden. 

Rusun yang dibangun oleh Kementerian PUPR melalui PUPR Perumahan ini memiliki tiga tower setinggi 25 lantai dengan jumlah unit hunian sebanyak 1.984 unit tipe 36 yang berada di lantai 4 hingga lantai 25. Setiap unit rusun yang dibangun telah dilengkapi penyejuk udara atau air conditioner (AC) dan kipas angin untuk memberikan kenyamanan bagi penghuni.

Selain itu, dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa pasar sebanyak 1.317 unit dengan total luas 12.433 m2 yang berada di lantai 1 dan lantai 2. Sedangkan di lantai 3 tersedia fasilitas umum dan fasilitas sosial dengan luas 6.302 m2 serta area parkir di lantai 1-4 seluas 7.321 m2 yang mampu menampung 135 mobil dan 551 motor. 

(*)

Powered by Blogger.