Hasil Survei: Sebagian Besar Anak Muda Percaya Jokowi dan Menkes Mampu Tangani Covid

D'On, Jakarta,- Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, 50,9 persen anak muda cukup percaya dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani pandemi covid-19. Sedangkan 4,5 persen mengaku sangat percaya terhadap kinerja Jokowi dalam menangani pandemi covid-19.

"Meskipun penilaian kepuasaan Presiden Jokowi diatas 60 persen, secara umum tetapi dalam penanganan covid masyarakat termasuk juga anak muda itu kurang lebih sama penilai mereka, pak jokowi dianggap bisa menangani wabah covid dikisaran 55 persen, secara umum dalam covid lebih rendah dibanding approaval rating secara umum bukan hanya soal covid," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring, Minggu (21/3).

Hanya 12,5 persen yang tidak percaya bahwa Jokowi mampu tangani Pandemi. Sebanyak 0,5 persen lainnya mengaku sangat tidak percaya. Sedangkan, tingkat kepuasan dari masyarakat umum termasuk anak muda relatif sama yakni di angka 52,2 persen.

Selain itu, 42,9 persen anak muda cukup percaya dan sangat percaya terhadap kinerja Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam menangani covid-19.

"Jadi kalau kita lihat approaval (kepuasan) terhadap Pak Budi Sadikin dalam soal penangan covid itu 42,9 persen mereka yang cukup percaya dan sangat percaya. Lagi-lagi tidak beda antara populasi umum dengan generasi muda," ungkapnya.

Dalam temuannya, anak muda menganggap persoalan penting saat ini dan harus diselesaikan yaitu penanganan wabah virus, manajemen pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, pengangguran hingga korupsi. 

"Masalah apa yang dianggap penting, masalah paling penting indonesia saat ini tiga isu yang warna biru ini isu paling pertema, yang warna oranye, tetapi disebut nomer tiga, adalah penanganan wabah virus corona, ekonomi," ungkapnya.

Diketahui Survei Indikator Politik Indonesia digelar pada 4-10 Maret 2021. Survei dilakukan melalui sambungan telepon dengan responden. Sebanyak 1.200 responden berusia 17-21 tahun. Margin of error survei kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

(mdk/noe)


No comments

Powered by Blogger.