Tim Penilai Provinsi Turun ke "Nagari Tageh" Blok A Delima Belimbing

D'On, Padang (Sumbar),- Juara I Kampung Tageh Rumah Gadang tingkat Kota Padang,  Blok A Delima Belimbing Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang kembali dinilai.

Kali ini Blok A Delima Belimbing kedatangan Tim Penilai dari Mapolda Kompol Nuraida bersama Eri Gas Akademisi Universitas Andalas (Unand) dalam rangka penilaian Nagari Tageh Rumah Gadang tingkat Provinsi Sumatera Barat, Senin (18-1-2021).

Tim penilai disambut Wawako Padang Hendri Septa, Kasat Binmas Polresta Padang Darto, Ketua DPD LPM Kota Padang sekaligus Ketua MPA KAN Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM, Ketua BMPN Pauh IX M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd yang juga Ketua Pembina Kampung Tageh.

Turut serta, Camat Kuranji Eka Putra Buhari. Kapolsek Kuranji Sutrisman, Lurah Kuranji Kasma Efendi, Ketua KAN Suardi Rajo Bujang, FKAN Pauh IX dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

Usai melakukan penilaian, Kompol Nuraida mengatakan dari kriteria yang dilombakan, seperti, Tageh Kesehatan, Tageh Keamanan, Tageh Keimanan, Tageh Sandang Pangan dan Tageh Pendidikan, Blok A Delima Belimbing bisa dibilang memuaskan.

"Kita juga bangga dengan antusias masyarakat yang hadir, termasuk jajaran dari pemda, juga kepolisiannya sangat mendukung dalam kegiatan Nagari Tageh Rumah Gadang ini," ungkapnya.

Dan kami, kata Kompol Nuraida, dilihat dari perjalanan kunjungan ini, semua kriteria mencukupi disini. Namun dalam penilaian nanti, nilai akan digabungkan dengan penilaian dari akedimisi dari Universitas Andalas.

Sementara, Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM sebagai Pelindung Kampung Tageh mengatakan, peristiwa Covid-19 satu tahun belakangan ini melumpuhkan segala aspek kehidupan kita, baik dari segi sosial masyarakat, ekonomi, aspek religi bahkan aspek kesehatan. 

"Maka, dengan adanya Kampung Tageh ini sebuah langkah yang tepat dalam upaya pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan dalam rangka menciptakan dan meng-aplikasikan sumber potensi lokal yang ada pada sebuah nagari," ujarnya.

Disebutnya, Kuranji merupakan daerah yang masih banyak sektor pertaniannya, perikanan, peternakan ini tentunya bisa membungkus ketersediaan pangan.

"Meskipun masyarakatnya heterogen, namun mereka dibingkai dalam satu kesatuan saling bekerjasama sehingga mampu mengatasi dan menanggulangi masyarakat yang terdampak Covid-19," ucap Irwan Basir.

Ia menambahkan, semasa pandemi warga badoncek untuk membantu bahkan ada panggilan jiwa memberikan bantuan beras hampir 20 ton, sembako dan masker. 

"Artinya, rasa kepedulian yang tinggi berkontribusi dari potensi kearifan lokal untuk saling berbagi," pungkas Datuk IB, sapaan akrab Irwan Basir.

Kesempatan itu, M. Fikar Dt. Rajo Magek menyebut rasa haru dan bangga, Kecamatan Kuranji, Komplek Blok A Delima Belimbing bisa mewakili Kota Padang mengikuti lomba Nagari Tageh Rumah Gadang tingkat Sumbar.

"Perjuangan ini murni dari swadaya masyarakat sekitar. Mereka saling bekerjasama, Saciok Bak Ayam, Sadanciang Bak Basi dalam bekerja dan melewati pandemi Covid-19 ini," ungkapnya bersemangat.

M. Fikar mengatakan, Blok A Delima Belimbing mampu mewujudkan Nagari Tageh, baik tageh dibidang Ekonomi, Keamanan, Kesehatan, Informasi dan lainnya, Sehingga Tim Penilai Tingkat Provinsi Sumbar memberikan Apresiasi yg hebat untuk masyarakat Blok A atas kebersamaannya.

"InsyaAllah kita juga optimis bisa meraih peringakat I tingkat Sumbar. Tentu nantinya jika Allah Ridho, maka kemenangan ini juga menjaga nama baik Kota Padang tingkat Provinsi bahkan Nasional," pungkasnya. 

(Arman/Hr1)

Powered by Blogger.