Irwan Basir Pimpin Konsolidasi LPM se-Kota Padang, Sinergisitas Memberikan Kontribusi Bagi Masyarakat

D'On, Padang (Sumbar),- Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengadakan rapat konsolidasi dengan 11 Ketua DPC LPM se-Kota Padang. 


Eksistensi DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Padang terus dirasakan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat, terkhusus di masa pandemi Covid-19 yang masa melanda.


Dalam sambutannya, Irwan Basir menyampaikan DPC LPM Kota Padang mulai dari tingkat Kecamatan maupun tingkat Kelurahan itu sendiri menjalankan fungsinya sebagai pemberdayaan kemasyarakatan juga kemitraan dengan pemerintah.


Bagaiamanapun organisasi kita tidak mau tidur dan hanya kepengurusan saja. Namun kita tunjukan eksistensi, saling sinergi maka konsolidasi ini salah satu cara menyatukan pemikiran untuk berkontribusi, ujarnya.


Oleh sebab itu, Irwan Basir mengajak kepada seluruh pengurus, baik di Kecamatan dan Kelurahan saling bersinergi, saling memberikan kontribusi, kompak dan merangkul agar kita menjadi besar dan intinya, LPM dipandang baik oleh Pemko.


Dengan adanya perhatian dan kepedulian seluruh Ketua DPC LPM se-Kecamatan yang mau dan keterbukaan dalam hal apapun, sehingga kinerja dan kehadiran LPM dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan.


"Tentunya LPM bukan bawahan pemerintah, akan tetapi kita mitra kerjasama dengan pemko atau pemerintah", ujarnya Irwan Basir pada hari Sabtu (21/11/2020) Siang.


Selian itu, kita berharap pemerintah jangan anti dengan LPM, justru dukungan dan saling bekerjasama bisa membantu Program - program pemerintahan.


Pergerakan selama ini sudah hampir satu tahun fakum, karena kondisi pandemi Covid-19 yang menjadi pemisah diantara kita. Namun, tuntutan kehidupan dan ekonomi masyarakat yang porak poranda. Maka, tugas dan peran kita lah bisa sebagai penawar masyarakat kita.


"Alhamdulillah, sejauh ini kita terus bergerak, meskipun dimasa pandemi. Justru kehadiran LPM sangat dibutuhkan. Buktinya, selama ini menjelang Idul Fitri Kemaren kita LPM sudah memberikan santunan anak yatim se-Kota Padang, baik sembako maupun sedikit uang lauk pauknya", tuturnya.


Irwan Basir sangat diharapkan sekali LPM tingkat Kelurahan berkoordinasi dengan DPC LPM Kecamatan untuk peka terhadap permasalahan kemasyarakatan terutama permasalahan dasar baik dalam keadaan normatif maupun emergency.


Dalam hal ini masyarakat akan menjadikan LPM sebagai tempat solusi terhadap permasalahan tersebut, seperti banyaknya bantuan - bantuan yang kurang tepat sasaran dan perlu memperhatikan dalam indikator sekala prolitas baik fisik maupun non fisik.


"Alhamdulillah, setelah DPD LPM Kota Padang dilantik, kita konsisten berbuat dan memberikan serta sedikit meringankan beban masyarakat di Kota Padang meskipun tidak ada perhatian pemerintah terhadap LPM sendiri".


Irwan Basir juga menyampaikan, saat sekarang dimasa pandemi banyaknya masyarakat yang terdampak pandemi Covid -19. Maka, nantinya diminta kepada DPC LPM maupun tingkat kelurahan agar proaktif memantau dan melihat masyarakat kita Kota Padang yang kena dampaknya. Jika bisa dibantu, ya kita bantu, pangkasnya.


Sumber Humas: DPD LPM Kota Padang, DP, HRI

No comments

Powered by Blogger.