Diskominfo Bidik Rawang Sebagai Pilot Project Gebunet

D'On, Padang,- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang membidik Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan sebagai pilot project Gerakan Seribu Rupiah untuk Jaringan Internet (Gebunet). Jika tak ada aral melintang, salah satu musala di daerah itu akan dipasangi wifi gratis untuk membantu pembelajaran daring anak didik di sana.
Selasa (8/9/2020), Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy meninjau lokasi tersebut. Bersama Lurah Rawang Andi Amir, rombongan Diskominfo menuju Musala Ikhwanul Muslimin di RT 3 RW 12, Karan. Di sini, rombongan melihat langsung musala yang berada di ketinggian.

“Kita lakukan survey lokasi di sini, mudah-mudahan menjadi lokasi pertama untuk program Gebunet. Diharapkan memang tidak lama lagi akan terpasang wifi gratis di musala ini,” jelas Rudy Rinaldy.

Disebutkannya, untuk pemasangan dan iuran bulan pertama telah dibiayai oleh donatur. Iuran selanjutnya akan dilanjutkan oleh warga dengan tabungan yang selalu dilakukan setiap hari sebesar seribu rupiah.

“Pemasangan dan iuran di bulan pertama sudah ada donaturnya, untuk selanjutnya dari warga sekitar musala ini,” sebut Kadiskominfo.

Lurah Rawang Andi Amir berterimakasih atas program Gebunet yang digagas Diskominfo Padang. Menurutnya, warga Karan sangat menyambut baik program tersebut. Bahkan dirinya sudah melakukan sosialisasi kepada warga sejak beberapa hari belakangan.

“Selama ini warga mengeluhkan belajar daring. Dengan adanya program Gebunet ini cukup disambut antusias oleh warga. Kami berterimakasih kepada Diskominfo Padang,” sebut Andi.

Dijelaskan Andi, warga sudah berkomitmen untuk menabung seribu dalam sehari. Apalagi, pemerintah sudah memberikan alat untuk belajar bagi anak di musala.

“Tentunya kami akan siapkan ‘minyak’ nya, sedangkan ‘mobil’ sudah disiapkan pemerintah, hal ini sejalan dengan upaya kami menjadikan daerah Karan ini sebagai Bangda Kencana, dan program Gebunet ikut mendukungnya untuk mencerdaskan anak bangsa,” tukasnya.

Langkah Diskominfo Padang ini didukung penuh Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Amril Amin. Menurutnya, Gebunet akan membantu warga sekitar. Amril Amin berharap, program ini merata ke seluruh daerah di Padang.

“Ini langkah baik di masa pandemi, semoga mendapat perhatian dari pihak lain untuk berbuat serupa,” harapnya.

(Charlie Ch. Legi)

No comments

Powered by Blogger.