Breaking News

Jokowi: Alhamdulillah Masjid Istiqlal Kini Bersolek Lebih Megah Usai Renovasi Rampung


D'On, Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan syukur atas rampungnya renovasi Masjid Istiqlal. Penyelesaian renovasi masjid yang dibuka sejak tahun 1978 ini mundur tiga bulan karena pandemi Covid-19. Semula, renovasi Masjid Istiqlal ditargetkan rampung pada April 2020.

"Alhamdulillah, setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah seusai rampungnya pekerjaan renovasi besar oleh Kementerian PUPR," ujar Jokowi melalui akun Instagran jokowi pada Sabtu (25/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, kawasan masjid yang sudah ditata di antaranya gerbang, tanggul sungai dan kantin. Ada beberapa hal yang ditambah yakni, plaza-plaza sebagai ruang publik, gedung parkir bawah tanah dan area PKL.

"Renovasi besar dilakukan pada arsitektur masjid yang mencakup fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, ruang wudhu, toilet dan kamar mandi," terangnya.

Sementara renovasi interior masjid dilakukan pada ruang salat utama, area VIP dan kantor pengurus masjid. Begitu juga instalasi solar panel pada atap selasar, tata pencahayaan interior dan eksterior, sampai pergantian signage gerbang, ruang luar dan interior.

"Seluruh renovasi besar itu dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp 475 miliar," ucapnya.

Jokowi menyebutkan, Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang. 

(mdk/mond)