7 Keuntungan Bersedekah di Bulan Ramadan, Berlipat Ganda Pahalanya!


Dirgantaraonline.co.id,- Sedekah boleh dilakukan oleh siapa saja, tanpa terbatas oleh agama, jumlah, ataupun waktu tertentu. Agama Islam bahkan memberikan hukum sunah untuk ibadah sedekah ini, yaitu tidak wajib dikerjakan namun kita akan mendapatkan pahala jika melakukannya.

Apalagi jika kita bersedekah di bulan Ramadan, maka akan ada banyak keuntungan yang didapatkan. Dilansir dari berbagai sumber, inilah keuntungan bersedekah di bulan Ramadan!

1. Bulan Ramadan adalah bulan di mana Allah SWT berderma atau melimpahkan kebaikan

Sebenarnya, bersedekah bisa dilakukan kapan pun dan tak harus pada Ramadan. Namun di bulan ini, Allah SWT sedang berderma atau melimpahkan kebaikan.
Semua kebaikan yang kita lakukan, akan mendapatkan pahala. Pahala yang didapat pun berlipat ganda. Begitu pun dengan pahala ketika bersedekah.

Semakin banyak bersedekah, maka akan semakin banyak pahala yang didapatkan. Akan tetapi, sedekah ini harus diniatkan untuk mencari rida-Nya. Jika niatnya untuk riya' alias pamer, maka akan sia-sia sedekah itu untuk dirimu.

2. Bersedekah mampu menghapuskan atau menggugurkan dosa yang telah diperbuat

Dosa yang kita lakukan mungkin tak terhitung jumlahnya, baik yang disengaja maupun tidak. Jika kita merasa bertobat saja belum cukup, maka bersedekahlah! 
Bersedekah ternyata mampu menjadi pelebur atau penghapusan dosa. Terdapat sebuah hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:
"Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR Tirmidzi)

Akan tetapi, janganlah menyalahgunakan keutamaan ini. Penghapusan dosa tidak berlaku jika kita telah sengaja berbuat buruk, yang kemudian sengaja dihapuskan dengan cara bersedekah.

3. Memberikan kebahagiaan, kehangatan, kedamaian, dan ketenangan hati

Bersedekah mampu membuatmu merasakan kebahagiaan dan kehangatan dalam diri. Memberikan sebagian harta kepada orang yang tak mampu adalah bentuk kepedulian pada sesama. Tentu saja, hal ini sangat positif dan memang sesuatu yang diharuskan.

Kedua, bayangkan ucapan terima kasih yang tulus dari penerima sedekah kita! Mengetahui bahwa kita telah menolong hidup seseorang, akan membuatmu diselimuti kehangatan dan kebaikan. Ini juga melatih empati untuk merasakan apa yang dirasa orang lain sehingga kita tidak berfoya-foya.

4. Mencegah diri dari menghamburkan harta yang mubazir

Sebagai manusia, terkadang kita tergoda untuk membeli sesuatu yang berlebihan. Terutama jika sedang memiliki banyak uang, kamu mungkin akan membeli baju atau sepatu baru. Sedekah akan mencegah kita dari perbuatan sia-sia tersebut.

Sedekah juga membuat kita berpikir dua kali untuk mengalokasikan uang yang kita miliki. Uang yang kita miliki akan lebih bermanfaat dan berkah, apalagi bagi seorang fakir miskin atau anak yatim piatu. 

5. Mendapatkan tambahan pahala dari orang lain, namun tidak mengurangi pahala orang tersebut

Ini ajaibnya bersedekah di bulan Ramadan! Tak hanya mendapatkan pahala untuk diri sendiri, kita juga mendapatkan pahala tambahan dari pahala puasa orang yang dibantu. Namun, pahala puasa orang yang dibantu tak berkurang sedikit pun.

Bayangkan kita mendapat dua pahala sekaligus dengan bersedekah secara ikhlas di bulan puasa ini! Ini bukti bahwa kita bisa menggandakan pahala di bulan Ramadan.
Sedekah pun tidak harus dalam bentuk uang. Sedekah bisa juga dengan memberikan hidangan untuk berbuka puasa kepada orang lain. 

6. Bersedekah akan menyelamatkan diri dari siksa neraka

Semua umat muslim menginginkan kehidupan yang menyenangkan di surga. Tak ada satu pun yang ingin merasakan kejamnya siksaan di neraka. Mengeluarkan sedikit harta yang kita miliki dengan ikhlas, mampu menyelamatkan dirimu dari siksaan neraka.

Jika dilakukan pada bulan puasa, pahala yang didapatkan akan berlipat. Akan lebih baik jika kedua ibadah ini diperlengkap dengan salat malam. Kita akan mendapat ampunan dosa dari Allah SWT jika melakukannya secara ikhlas dan berniat untuk mencari rida-Nya.

7. Sedekah akan menyempurnakan kekurangan dalam menjalankan ibadah puasa

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika berpuasa, seperti makan dan minum sebelum waktunya serta bersikap negatif. Meskipun sifat negatif seperti marah, bergosip, atau pamer bukanlah hal yang mutlak membatalkan puasa, kita tak meraih pahala dengan maksimal.

Sedekah akan menyempurnakan ibadah puasa yang kurang berkah, seperti ketika kita berpuasa namun marah-marah. Di akhir Ramadan, kaum muslim diharuskan untuk berzakat fitrah. Inilah salah satu tujuannya, yaitu menyempurnakan puasa.

Jangan khawatir akan hartamu yang berkurang karena Allah SWT telah berjanji untuk melipatgandakannya! Jadi, segeralah bersedekah di bulan Ramadan kali ini ya!

(Abu Khalil)

No comments

Powered by Blogger.